When Content Is A King and Engagement Is A Queen - Ulihape.com

When Content Is A King and Engagement Is A Queen

When Content Is A King and Engagement Is A Queen

Quote cakep ini aku dengar dari seorang youtube creator @inimasabi. Dan hal ini benar banget sama yang sedang aku rencanakan untuk kembali membangun blog ku. Sebenarnya aku sudah mempunyai channel Youtube yang sudah terverifikasi sebagai mitra youtube namun aku masih bingung arahnya bagaimana, sejauh ini aku hanya sebatas mengupload rekaman keseharian anak-anak dan ternyata ada saja sih yang subcribe.

Ketemu Mas Abi dimana sih li ? Sinar Mas Land 7 Juli kemarin mengadakan Gathering bersama Blogger dan Vlogger di Kota Wisata Cibubur dan pematerinya adalah Ahmad Takbir Riantoro yang akrab disapa Mas Abi. Kalau mendengar kisahnya ternyata memang gitu ya ges jalan hidup seseorang tuh gak bisa diprediksi, Mas Abi mengaku termasuk anak yang kalem, setelah bekerja di Biznet beliau mendapat kesempatan dipilih oleh Google menjadi salah satu peserta Camp para youtuber gitu, nah sejak itu Mas Abi mulai mengasah kemampuannya untuk berbicara di depan kamera dan akhirnya resign sampailah pada hari ini dimana Mas Abi kerap mengisi banyak acara sebagai pembicara

content is a king, engagement is a queen
ulihape.com

Menjadi Vlogger atau Youtuber pemula saat ini bisa dibilang gampang kok asal saja bisa membuat content yang OK, lalu menargetkan siapa penontonnya dan content yang dibuat punya pesan, begitulah Mas Abi membuka acara pagi itu. Bila itu sudha kita lakukan maka tugas berikutnya adalah bagaimana supaya content yang sudah kita buat bisa ramai dikunjungi.

Ah aku jadi ingat ketika ada seseorang yang memberi tahu ku bahwa ternyata urusan ngeblog itu bukan sekedar menulis tapi harus memperhatikan penampilan blog, gimana supaya pembaca betah dan khususnya para agency yang suka kasih job dan rajin berkunjung. Lalu aku tersadar wah iya ya sejak bikin blog sampai sekarang enggak ada perubahan apa-apa, ibarat rumah pasti sudah berdebu amat tebal. Lalu fakta lain adalah ketika blogger dituntut memiliki follower sosial media di atas 2K, dan bukan itu saja ada juga peluang pekerjaan yang baru bisa kita peroleh kalau blog kita punya pengunjung 10K setiap bulan, belum lagi ER Instagram diatas 3%, aarrrgggghh gimana ini?

So, karena menulis adalah hobi yang menghasilkan maka salah satu usaha untuk mengasahnya adalah tentu saja terus menulis. Namun enggak bisa lagi kalau hanya mengandalkan konten doang ges, karena kata Mas Abi seperti judul tulisan ini kalau konten adalah raja, maka keterlibatan adalah ratu. Selama ini aku memang fokus ngurusin konten tok, enggak peduli dengan SEO, enggak peduli dengan blogwalking, enggak peduli dengan engagement sosial media, tapi aku harus berubah. Bagaiman dengan youtuber ? Ternyata kurang lebih sama saja, membuat pengunjung tertarik untuk menonton video adalah sebuah usaha yang layak diperjuangkan.

Tips Sukses Youtuber Pemula Ala Mas Abi

Smartphone saat ini sudahs angat cukup dijadikan modal untuk ngeyutub, namun kalau memikirkan monetisasi sepertinya kalian harus berjuang gengs, pasalnya youtube punya aturan baru untuk bisa menjadi mitra minimal kalian harus punya Watch Time 4000 jam dan 1000 Subcriber. Tapi enggak usah mikir yang gitu dulu deh, ada baiknya kita ikuti tips ala Mas Abi supaya channel youtube kita ramai pengunjung dan kita bisa menghasilkan konten yang yahud!

Urusan konten pasti semua punya ide, apalagi sudah jadi blogger tentu luas banget tema yang dimiliki. Namun membangun interaksi adalah hal penting yang harus mulai dibangun. Karena itu usahakan dalam setiap video yang dibuat selalu ada interaksi, seperti mengajak penonton untuk subcribe channel anda, lalu berikan pertanyaan yang akan menimbulkan interkasi di kolom komentar dan yang pasti promosoin dong channel yutubnya ke orang banya. Dan satu keuntungan blogger menurutku kita bisa embed video youtube kita ke blog kita, right ?

Menurut Mas Abi yang enggak kalah penting adalah mengoptimasi Meta Data Video kita, nah ini mirip ilmu SEO blog yang aku pelajari juga dan ternyata sama juga ya. Lalu apa saja sih bagian Meta Data video ini ?

  1. Judul, klik bait ? boleh saja, asal jangan sampai ngibuli juga kata Mas Abi. Mungkin 1 vide itu bisa banjir penonton tapi sesudahnya ? Orang akan kapok mengklik channel kalian karena takut terjaebak dalam kehaluan haha.
  2. Deskripsi, nah usahakan mengisinya ya ges. Aku sih biasanya mengisi deskripsi sesuai konten tentu saja hal ini untuk membuat pengunjung kita bisa memahami lebih lanjut tentang isi video.
  3. Tag, sama seperti blog biasanya kita buat tag untuk mengelompokkan dan aku biasanya mengisi dengan kata kunci dan bahkan nama selebriti sering aku jadikan tag hehe sehingga ketika ada yang mencari justin bieber eh video ane ada deh disana.
  4. Thumbnail, nah ini bagian yang cukup penting karena menurut Mas Abi dengan thumbnail inilah orang akan jatuh cinta pada pandangan pertama. Usahkan kualitas poto yang baik dijadikan thumbnail dan jangan coba-coba menggunaka screenshot sebagai thumbnail ya. Judul di thumbnail dibuat semenarik mungkin dan full colour.
  5. Teks, ini nih yang belum aku lakukan. Jadi menurut Mas Abi memberikan tulisan di video kita juga bisa meningkatkan engagemnet karena teman-teman yang berkebutuhan khusus akan bisa menikmati video kita
Nah itu dia tips ala Mas Abi supaya konten yang kalian ciptakan bisa ramai pengunjung dan berdampak positif terhadap enagement kalian.

Well, aku mau say thank you buat Mas Abi yang sudah ajarin ilmu yang cukup keren, menyampaikan materinya juga cukup jelas maka pantes saja ya beliau menjadi trainer dimana-mana hehe.




When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.