-->

Green Jobs Solusi Untuk Tingkatkan Kualitas Lingkungan dan Ekonomi Berkelanjutan

Kenapa Harus Green Jobs?

Green Jobs alias pekerjaan hijau ini sudah aku ketahui sejak akhir tahun 2010, seperti namanya maka Green jobs bisa diartikan sebagai pekerjaan hijau. Lantas apakah pekerjaan hijau itu harus berhubungan dengan tanaman pertanian atau kehutanan? Tentu saja tidak, sebagaimana kita ketahui bahwa aktivitas di bidang pertanian pun bisa ikut andil dalam menurunkan kualitas lingkungan di bumi.

Green Jobs
Green Jobs For A Better Future

Green Jobs pada akhirnya akan menciptakan ekonomi hijau berkelanjutan, ide dasarnya adalah untuk menciptakan kesejahteraan pada masyarakat tanpa merusak lingkungan. Sebagai orang yang bekerja di Perkebunan Kelapa Sawit maka saya bisa merasakan perubahan konsep pembangunan perkebunan. Dulu pembukaan perkebunan pasti akan menimbulkan dampak kerusakan namun seiring dengan adanya isu Green Jobs maka pemerintah juga melakukan perubahan aturan bagi pengusaha perkebunan kini sudah banyak perusahaan perkebunan yang ikut untuk menghadirkan perkebunan Kelapa Sawit berkelanjutan lewat ISPO (Indonesia Suistainable Palm Oil) yah meski untuk mewujudkannya ada banyak uang yang harus digelontorkan namun ternyata dengan meningkatkan kualitas lingkungan maka sumber daya alam yang kita miliki akan terjaga sehingga masa pakai akan semakin lama dan tentunya pertumbuhan ekonomi berkelanjutan bisa terwujud. 

Sebelum adanya isu Green Jobs pembangunan di negara kita fokusnya hanya pada investasi primer dan sekunder karena memang tujuan pemerintah bagaimana supaya pertumbuhan ekonomi positif dan biasanya nih investasi primer akan jarang banget memperhatikan pada sumber daya (sektor tersier) yang digunakan. Sama seperti kita sih kadang kita nggak akan peduli kebutuhan tersier selama kita bisa memenuhi kebutuhan primer, nah pemerintahpun begitu yang penting tujuan pertumbuhan ekonomi tercapai. Namun sejak adanya Green Jobs maka pemerintah juga menyambut dengan baik makanya sekarang perkebunan kami juga sudah menerapkan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan dan ternyata memang sangat baik dalam semua aspek bukan hanya lingkungan loh, para pekerja juga jadi lebih terjaga kesehatannya karena sesuai aturan kementerian maka pekerja juga diberikan APD yang memenuhi standard kesehatan kalaus ebelumnya ya boro-borlah pengusaha mikirin beginian hehe.

Sumber @coaction.id
 

Pekerjaan Green jobs Apa Saja ?

Nah buat kalian yang mau tahu banyak tentang apa saja sih peluang pekerjaan Green Jobs maka ada baiknya kalian ikuti update informasi Green jobs dengan memfollow Instagram @coaction.id dan beberapa waktu lalu aku mengikuti obrolan bersama Coaction jadilah aku makin mudeng dan ternyata ada banyak peluang pekerjaan Green Jobs di Indonesia.

Wajar saja sih di Indonesia peluang Green Jobs itu banyak, kita ini memang memiliki sumber daya alam yang luar biasa, hutan kita aja 10% dari hutan yang ada di dunia loh! So modalnya kita udah punya nih, maka dibutuhkan banget anak muda saat ini mulai memikirkan cari pekerjaan hijau. Bahkan dari sebuah penelitian yang pernah aku baca bila pemerintah menginvestasikan 2% saja untuk investasi hijau maka ada jutaan green jobs yang bisa diciptakan. Kehadiran Green jobs di Indonesia pasti bisa kita jadikan solusi untuk menciptakan lapangan pekerjaan, peningkatan kualitas lingkungan dan pertumbuhan ekonomi hijau.

Kebayang kalau anak muda Indonesia saat ini melaksanakan Green jobs? Udah pasti Green Jobs ini membawa efek yang baik. Pekerjaan hijau sudah pasti ramah lingkungan, menghemat energi dan mengurangi limbah polusi yang selama ini penyebab menurunnya kualitas lingkungan. Tahun 2015 lewat jurnal yang dipublikasi oleh Rafika Dewi ditarik sebuah kesimpulan Indonesia akan mampu menghasilkan Green Jobs pada banyak sektor seperti :

  1. Green Jobs pada sektor energi dari hasil skenario investasi hijau adalah sebanyak 4.691 green jobs
  2. Jumlah penciptaan green jobs pada sektor pertanian dari hasil skenario investasi hijau adalah sebanyak 1.891.296 green jobs.
  3. Jumlah penciptaan green jobs pada sektor kehutanan dari hasil skenario investasi hijau adalah sebanyak 2.313.296 green jobs.
  4. Jenis-jenis green jobs yang teridentifikasi berdasarkan hasil penelitian ini yaitu: a. Sektor pertanian: Pertanian organik, budidaya tanaman berdampak rendah, perkebunan karet, minyak kelapa sawit berkelanjutan, perkebunan organik untuk minuman, dan pertanian kombinasi. b. Sektor kehutanan: Produksi hutan alam yang mengikuti hukum SFM, konsesi hutan alam yang berkelanjutan, rotan, hasil hutan non-kayu (NTFP), Jasa hutan, serta perlindungan dan konservasi. c. Sektor energi: Geothermal, energi yang dapat diperbaharui atau energi terbarukan, dan biomassa

See? Itu penelitian tahun 2015 loh kebayang dong sekarang ide-ide semakin banyak, dan ingat bahwa green jobs itu bukan hanya bicara pertanian saja kalian bisa bekerja apa saja selama menjalankan prinsip yang ada pada green jobs

Green Jobs bukan Hanya Tentang Pekerjaan

Satu hal yang ada dalam pemikiranku selama mengikuti diskusi yang diadakan Coaction beberapa waktu lalu rasanya untuk mewujudkan Green Jobs di Indonesia harus dimulai sejak awal, jadi bukan dipikirkan ketika kita mencari pekerjaan saja.

Kita bisa mulai dari rumah, mulai memilah sampah, menghemat pemakaian listrik dan mengubah menu masakan demi menjaga bumi. Kalian tahu kan kalau masak daging tuh lebih membuat polusi? Lalu seperti memilih sekolah pilihlah sekolah yang concern terhadap lingkungan, kuliah lah di kampus yang peduli lingkungan (saat ini ada banyak pilihan) seperti Kampus UMN di Serpong, gedungnya itu di design khusus hemat energi nah kalau sudah dibentuk sedini mungkin maka menurutku saat mencari pekerjaan kita akan menyasar Green Jobs, stop memikirkan income saja tapi pikirkan bagaimana pekerjaan kita ini bisa menjaga bumi sehingga bumi panjang usia dan ekonomi tetap tumbuh sampai anak cucu kita.



When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: