-->

THR Mau Ditabung Kok Nggak Bisa Ya?

Tema tulis tentang keuangan tuh memang susah banget buatku, mungkin karena aku memang nggak tak bisa mengatur keuangan. Setiap bulan alhamdulillahnya sih meski tidak dikelola dengan baik aku masih bisa membayar kewajiban, masih cukup buat makan, masih ada jadwal nonton dan akhir bulan biasanya masih ada dana sisa untuk menabung.

Alasan THR Tak Bisa Ditabung

Tunjangan Hari Raya

Bicara tentang THR memang agak susah menganggapnya sebagai pendapatan yang harus dialokasikan untuk investasi, bagiku THR adalah masa dimana aku bisa membagi sejumlah uang tanpa harus memikirkan isi dapurku. Karenanya jangan heran THR ku nggak pernah bisa ditabung hehe

Kalau membaca tips keuangan dari pakar keuangan senang deh bagi mereka yang bisa mengalokasikan dana THR untuk hal-hal yang baik seperti menabung dan berinvestasi, nah apa aja ya alasan aku nggak bisa menabung THR? 

3 Alasan Dana THR Nggak Bisa Ditabung 

  1. Beli Baju Baru, jujur tradisi membeli baju baru saat hari lebaran belum bisa aku skip. Tapi alhamdulillah aku nggak seperti mamak yang tiap lebaran tiba membelikan keenam anaknya 6 set baju baru alasannya lebaran tuh 3 hari jadi deh 6 set hehe. Membeli baju baru dari uang THR itu aku lakukan karena memang anak-anak ngga setiap saat sih beli baju baru. Lebaran adalah momen kami sekeluarga untuk mengganti baju yang lama, jadi menurutku worthied kalau uang THR dibelikan baju baru.
  2. Renovasi Rumah, tadinya pandemi aku pikir akan membuat alokasi THR bisa ditabung, nyatanya? Malah habis juga soalnya sudah dua kali nggak mudik ini jadi renovasi rumah hehe. Dan pas belanja ke toko bangunan ternyata ada banyak juga yang memanfaatkan dana THR untuk merenov rumah, atau sekedar membeli perabotan baru.
  3. Memberi Orang Tua dan Saudara, momen lebaran juga adalah kesempatan bagiku untuk berbagi dengan orang tua dan saudara. Apalagi aku punya banyak keponakan jadi dana THR bisa mewujudkannya. Setahun sekali memberi saudara dan orang tua uang jajan yang tak seberapa tapi mampu membuat senang hatiku.
Nah itu dia 3 alasan ku mengapa uang THR susah banget ditabung hehe. Aku adalah orang yang meyakini bahwa pertolongan Allah tepat waktu, dan aku yakin rezeki kita sudah diatur sama Allah. Selama kita nggak berlebihan dan tahu bersyukur maka Allah akan cukupkan buat kita.


Salut sih dengan teman-teman yang bisa mengalokasikan dana THR nya untuk berinvestasi, ada juga teman yang setiap THR maka akan topup investasi, beli emas atau sekedar membuat deposito. Namun aku nggak bisa karena THR aku anggap bonus yang harus dihabiskan dan aku nggak pernah menyesal sih malah lebih bahagia karena bisa membuat orang-orang terdekat bahagia.

Apapun pilihan kita jangan saling menjudge ya, yang penting kita bertanggungjawab atas semua pilihan kita, setuju?

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: