Nyanyian Sholawat Nabi Bikin Hati Tentram

Nyanyian Sholawat Nabi Bikin Hati Tentram

Manfaat Bernyanyi Bikin Sehat?

Sholawat Nabi Populer
Nyanyian Sholawat Nabi Bikin Hati Tentram

Setuju? Aku sih iyes, ada kalanya butuh bersenandung dan biasanya suasana hati jadi lebih baik, berbagai penelitian juga pernah membuktikan bahwa bernyanyi bisa melepaskan stres pada seseorang. Selain itu ketika anakku ke Dokter Gigi supaya dia nggak kesakitan diputarkan lagu berarti musik mampu mengalihkan rasa sakit dan takut. Sewaktu aku positif Covid-19 which is masih zamannya banyak yang meninggal jujur udah lemas dan nggak semangat, akhirnya ku buka aplikasi Tiktok konten dengan berbagai soundtrack lagu ternyata bisa menambah semangat buatku sekalipun yang kudengarkan adalah lagu sedih, tentu saja bernyanyi memiliki manfaat lain, yang sudah pasti akan mengasah otak untuk lebih kuat karena kita selain menghapalkan lirik juga menikmati irama musik, bisa juga membuat suasana makin akrab karena kantor kami kerap bernyanyi di karaoke untuk mengakrabkan diri satu sama lainnya.

Bersenandung Sholawat

Sejak Covid-19 kegiatan bernyanyi bersama teman udah nggak dilakuin lagi, ditambah musik zaman now menurutku tuh cuman easy listening aja nggak ada yang membuat aku seperti zaman dulu berjuang untuk menghapalkan liriknya haha. Covid-19 juga yang membuat aku memilih sepeda motor sebagai kendaraan menuju kantor, perjalanan 45 KM one way pasti akan membosankan bila tak bersenandung, sampai aku tersadar bahwa aku semakin jarang bisa membaca Al-Qur'an karena dulu kalau naik omprengan aku akan mengaji karena duduk maniskan, kini naik sepeda motor aku nggak bisa mengaji jadilah aku berpikir untuk bernyanyi saja. 

Awalnya aku menyanyikan lagu lama yang masih ada liriknya di kepalaku, namun aku berpikir alangkah baiknya bila sepanjang jalan aku berzikir dan berdo'a bukankah do'a bagi orang yang sedang melakukan perjalanan juga dianggap mustajab? Mulai sejak itu aku mencari nyanyian sholawat nabi, dari youtube banyak banget playlist nya dan kini aku malah suka banget bersenandung sholawat, lagu pengantar tidur juga berganti sholawat. Anak-anakku juga selalu request "Mih sholawatan yuk" bahagia juga rasanya diminta menyanyi tapi requestnya sholawat which is berupa puji-pujian kepada Nabi dan ternyata setelah aku cari artinya malah suka bikin hati meleleh.

Mengimani Nabi adalah salah satu rukun iman, makanya meski ada pendapat yang tak setuju dengan nyanyian sholawat Nabi bagiku ini bisa menambah keyakinan ku dalam mencintai Rasul Allah, terkadang aku bisa menangis ketika bersolawat merasa begitu cintanya Nabi Muhammad kepada ummat-nya, beliau merisaukan kita yang tak dikenalnya, memohonkan keringanan kepada Tuhan demi kita, mashaallah membuncah rasa syukur bisa menyanyikan puja puji untuk beliau.

5 Nyanyian Sholawat Nabi yang Bikin Adem

Jujurly aku nggak memilih sholawatan nya apa, aku hanya menyanyikan sholawat Nabi yang sudah familiar di telingaku. Jadi no debat ya kalao nanti list yang aku nyanyikan menurut kalian termasuk bid'ah atau tidak. Aku hanya menyukainya, dan sepanjang jalan aku bergiliran aja bersenandung sholawat Nabi menemani perjalananku. Untuk lirik dan sholawatannya aku akan lampirkan dari youtube ya.

Astaghfirullah Robbal Baroya

Sholawat pertama yang aku senandungkan selepas membaca do'a dalam perjalanan, aku berdo'a lebih senang menggunakan bahasa Indonesia, pengujung do'a perjalananku selalu ku sematkan "jauhkan aku dari bahaya maupun penyebabnya serta mampukan aku mengendarai motorku ini" baru deh Astaghfirullah, sebagai manusia yang berliput dosa maka beristighfar mampu mengantarkanku kepada sesal dan berjanji untuk lebih baik.

Bila membaca terjemahannya sholawat ini merupakan permohonan ampunan, meminta diberikan ilmu dan rizki yang halal serta menerima taubat kita.

Sholawat Jibril

Aku percaya kalian familiar banget dengan sholawat ini, liriknya ringkas mudah kalau mau dihapalkan. Membacanya sering membuat aku meneteskan air mata, terbayang bagaimana perjuangan Rasul Allah membawa kita kepada hari ini, puja puji khusus untuk Rasul dan dalam Alqur'an juga disebutkan bahwa Allah dan malaikat juga bersholawat untuk Nabi Muhaammad SAW. Kalau ditanya manfaatnya apa? percaya deh mengucapkan hal baik itu adalah baik, aku sih nggak pernah berharap apa-apa selain menikmati sholawat sepanjang perjalananku.


Solawat Tibbil Qulub

Aku senang dengan iramanya, membuat semangat dan cocok ku senandungkan ketika ingin mempercepat laju motorku. 

Sholawat ini ada juga yang menyebutnya sholawat syifa yang berfungsi sebagai obat dan menyembuhkan sakit, sholawat ini memiliki makna“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang menjadi obat dan penyembuhan hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, dan limpahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan berilah kesejahteraan"


Sholawat Nariyah

Diantara semua sholawat , Sholawat Nariyah ini lumayan panjang namun seperti lantunan ayat Alquran lainnya kalau sudah biasa bakalan cepat hapal sih. Beberapa golongan tidak memperbolehkan Sholawat ini karena dianggap lebay dalam memuja muji dan bukan datang langsung dari Nabi Muhammad SAW, ada kekhawatiran kekuatan Nabi dalam sholawat ini mengalahkan Tuhan. Namun aku tidak menganggapnya demikian karena aku percaya bahwa Nabi tunduk pada tuhan. Di beberapa negara masyarakat muslim bersholawat Nariyah untuk mengabulkan keinginan ataupun menolak hal yang tak disukai.



Sholawat Muhammad Ibni Abdillah

Ya Rasul Allah, Ya Habiballah merupakan lagu dengan judul Muhammad Ibni Abdillah, sampai menuliskan ini aku nggak paham sih apakah ini sholawat berdasarkan hadist atau memang murni lagu islami yang sempat viral. Isi maknanya sih memuja Nabi Muhammad putranya Abdullah, seorang pembaca kitab Allah, yang berjuang dijalan Allah. Dan pada bagian lirik Muhammad qola ya rabbi su’ali memiliki arti "Muhammad berkata wahai Allah, bagaimana umatku setelahku" terharu banget aku bila tiba di lirik lagu ini, Nabi Muhammd SAW merisaukan ummatnya baik di dunia dan di hari akhir. Ditengah zaman semua mengurus urusan masing-masing tapi baginda Nabi sejak dahulu sudah memikirkan nasib kita, mashaallah!


Bersholawat ini rutin aku lakukan setahun belakangan ini, kenapa? Karena aku selalu memohon agar bisa husnul khotimah, tapi gimana mungkin kalau ibadahnya sedikit ya hehe, kematian sudah ada waktunya namun berusaha kembali dengan sebaik-baiknya juga harus kita lakukan. Nah ada yang suka nyanyi sholawat jugakah? boleh dong rekomendasi sholawat lainnya ya!




 


1 Komentar

  1. Aku pun mbak duka baca sholawatan aja sambil motoran enak lho.. Pilihan sholawatannya jg favorit bgt

    BalasHapus

Komen ya biar aku tahu kamu mampir