20160307

Kenali Gejala Anak Yang Alergi Obat

Setahun lalu papaku harus berbaring sekitar 3 bulan karena alergi obat. Papa yang menderita diabetes dan terkena serangan stroke akibat gula darah yang tinggi serta adanya komplikasi jantung membuat kondisi papa selalu tidak stabil. Dan pada akhirnya ketika dirawat selama 7 hari sepulangnya dari rumah sakit tetiba kulit papa melepuh, bak kayu yang habis dibakar, dan kerongkongannya terbakar membuat papa tidak bisa makan makanan padat. Alhasil setelah komplain maka pihak rumah sakit memastikan papa alergi terhadap obat yang nota bene sudah diberikan kepada puluhan ribu pasien dalam 40 tahun terakhir. Ya reaksi obat itu akan berbeda-beda pada setiap orang dan kenyamanan yang dirasakan dokter spesialis selama 40 tahun akhirnya terganggu juga dengan kondisi papa dan akhirnya beliau harus bertanggung jawab memulihkan, 4 bulan lamanya untuk memulihkan kondisi papa terutama kulit badannya yang melepuh hampir seluruh badan. Sejak kejadian papa maka agak ngeri juga kalau berurusan dengan obat-obatan, tapi mau tak mau ada saja kejadian yang membuat kita berurusan dengan obat.


Kondisi Kanda Setelah dari RS
Biduran dibadan, kaki dan tangan
Kondisi Kanda Setelah 5 Jam
Kanda Pagi Ini
Lalu pada Sabtu kemarin aku membawa kedua anakku untuk berobat, dikarenakan di jam kami mau berobat dokter spesialisnya sudah gak ada, dan pengalaman di UGD tidak mendapatkan pelayanan sebagaimana mestinya, maka aku memutuskan ya sudahlah bawa ke klinik saja, toh sama bukan dokter spesialis juga yang menanganinya. Pertama diperiksa Kayama lalu Kanda dan kami pulang dengan obat racikan dalam bentuk puyer, sebelumnya aku juga memastikan bahwa memang tidak ada antibiotik didalamnya. Setelah makan malam, jam 7 akupun meminumkan obat kepada Kanda dan Kayama, keduanya mesti panas ya tetap saja seperti tidak sakit loncat kesana kemari, bernyanyi ini itu dan jam 8 kamipun tidur. Seperti biasa kalo anak lagi demam emak-emak pasti tidurnya juga resahkan, akupun bangun jam 12 dan menyalakan lampu untuk memastikan kompres instant masih melekat dikening Kanda, dan lalu aku kaget karena melihat wajah kanda berubah, mukanya merah dan bengkak, badannyapun panas sekali. Lalu aku bangunkan Kanda, dan benar saja matanya bengkak, mukanya sembab dan aku buka bajunya sudah seperti biduran lalu kanda pun mengeluh gatal dan minta ditaburi bedak ke badannya. Akupun menggoogling dan semua gejala yang tampak merujuk bahwa kanda alergi obat.



Karena panas maka aku segera memberikan obat penurun panas dan lalu aku bangunkan suami untuk membawa Kanda ke UGD saja, namun suami berpikir nanti pagi saja. Akupun memaklumi sih tetapi aku tetap mengamati Kanda dan 15 menit kemudian bibir atasnya bengkak banget, dan akhirnya aku bangunkan lagi dan aku pakaikan baju hangat untuk segera dibawa suami ke UGD di jam 00.30 dini hari. Aku terpaksa stay dirumah karena harus menunggui anak kedua kami yang memang kondisinya juga sedang sakit. Dan sampai jam 2.30 masih belum kembali, akupun menelpon dan ternyata suami sudah menuju rumah. Sesampai dirumah kanda menangis, melaporkan kalau dia disuntik di tangan dan masih merasa gatal dibagian tubuhnya. Menurut Dokter bahwa Kanda alergi obat namun karena tidak mengetahui resep obatnya maka dari obat yang ada dicicipi sang dokter, menurutnya bukan alergi antiobiotik (benar memang karena obat tidak mengandung antibiotik), maka Dokterpun meminta kami untuk mencari tahu obat yang diberikan baru kemudian nanti dicari tahu lebih lanjut obat apa yang memicu alergi dan akan dilakukan tes lanjut.


etelah dari UGD Kanda diberi obat alergi, penurun panas dan antibiotik, 5 jam kemudian bengkak diwajahnya sudah mulai kempis dan dibibir masih bengkak, lalu 12 jam setelah nya bibirnya mulai seperti semula, wajah tidak bengkak, namun masih ada berupa gatal dibeberapa bagian tubuh dan setelah 24 jam wajah kanda sudah normal kembali, biduran dibadan juga sudah hilang. Akhirnya baru aku bisa tenang dan aku tunjukkan poto-poto wajah Kandaketika masih bengkak, respon Kanda ? dia ketawa seolah dia tahu itu wajahnya lucu hehehhe..memang jadi lucu sih  nak hehehe


o mom's cari tahu yuk tentang gejala alergi obat dan bagaimana penanganannya ya...  

Kenapa Alergi Obat ?   
Alergi obat merupakan salah satu respon tubuh terhadap obat yang terjadi setelah pemakaian obat. Alergi obat juga bisa dipicu oleh kelebihan dosis atau merupakan efek samping dari pemakaian obat tersebut.  

Benarkah Karena Alergi Obat ? 
Sebenarnya gejala ini agak susah juga dibedakan, ya paling dekat asumsinya terjadi perubahan setelah konsumsi obat-obatan tanpa ada mengkonsusmsi makanan yang memicu alergi. Anakku Kanda memiliki alergi coklat, dan aku bisa pastikan dia alergi obat dikarenakan sampai dengan meminum obat Kanda tidak memakan apapun yang mengandung coklat.  

Bagaimana Gejala Alergi Obat ? 
Nah untuk gejala alergi obat ada yang ringan sampai berat. Gejala ringan seperti yang dialami kanda yaitu : 

  • muka dan area mata
  •  bengkak bibir bengkak 
  • kulit seperti biduran dan menimbulkan rasa gatal 
  • mengalami kenaikan suhu tubuh (demam) 

sedangkan gejala berat bisa mengakibatkan pembengkakan disaluran nafas sehingga akan sulit bernafas , bisa kejang otot saluran pernafasan dan seluruh badan bengkak bukan hanya bagian muka dan bibir.

Tindakan untuk Alergi Obat ?
Keep calm mom's karena kepanikan terkadang membuat kita jadi tidak sigap berbuat. Tetap tenang dan lakukan hal berikut :  

  1. Hentikan pemberian obat  
  2. Bawa ke UGD untuk diberikan suntikan, kanda diberi dexamethasone, ya obat ini dikenal bisa menghentikan alergi. Kanda disuntik dibagian tangan dan alhamdulillah 5 jam sudah menunjukkan perubahan dan 24 jam sudah normal kembali  
  3. Jika mengalami gejala berat maka biasanya anak akan dirawat untuk mendapatkan treatment khusus.

Bisakah dicegah ? 


Seharusnya bisa ya mom's, seperti kanda ini karena baru ketahuan sekarang jadi kedepannya bila berobat saya akan menginformasikan kepada Dokter bahwa anak saya alergi terhadap obat "x" dan kalau mau dicari tahu juga bisa mom's melalui tes dikulit dan ini akan dilakukan juga kepada Kanda, supaya bisa ketahuan sebenarnya alergi terhadap jenis obat yang mana.   


Semoga bermanfaat ya..dan doakan anak-anak kita selalu dalam lindungan sang pencipta aamiin ya rab..

8 comments:

  1. Yampun mak kasian banget sampe bengkak gitu,sy batu tau lho kalau alergi obat efeknya jadi bengkak gtu, cepet sembuh ya... :)

    Xoxo,
    http://www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  2. aduh Mbak, yang foto pertama itu saya gak tega melihatnya, bengkak banget :(
    tapi alhamdulillah keadaannya sudah membaik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..utg segera ke UGD jadi blm 24 jam sdh gak bengkak, biasanya 48 jam baru normal kata dokternya

      Delete
  3. wah kasihan ya, alhamdulillah sudah sembuh.

    ReplyDelete
  4. lihat foto DDnya, jadi kasihan banget ya Mak. Btw, suamiku punya riwayat asma, anak-anak juga. jadi setiap ke dokter, aku selalau kasih info ini ke dokternya, biar waspada ngasih obatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, ini juga seperti itu selama ini selalu info kalo alergi makanan tp br kejadian deh sore kmrn ada alergi obat juga

      Delete

Komentar mu Informasi untuk Kita