Berapa Sih Tarif Content Placement ? - Ulihape.com

Berapa Sih Tarif Content Placement ?

Setelah melabel diri sebagai blogger (padahal blog gratisan) hehehe, habis apa donk sebutannya ? Biar simple ya sebut sajalah blogger (entah mau update ataupun tidak).

Content Placement itu apa sih ? Sebenarnya nggak paham juga tapi bisa aku terjemahkan sebagai sebuah tulisan yang minta dituliskan ulang dengan cara berbeda dan tentunya tujuannya untuk menaikkan rating sebuah link tertentu. 



Aku bukan termasuk blogger yang aktif, maklumlah selain sebagai karyawan yang bekerja di kantor, aku pun sebagai istri dan  ibu dari dua orang anak sehingga kegiatan tulis menulis benar-benar dilakukan kapan aku bisa, tak ada waktu tersendiri dan tak ada budget tersendiri. Bahkan aku lebih suka menuliskan sesuatu yang berupa pengalaman aku pribadi, karenanya menulis dengan imbalan rupiah memang tak menjadi target dalam hobbi ku ini.


Namun dunia berubah, aku sih ya tetap menulis dengan apa yang aku mau dan bisa. Perubahan itu justru mengasyikkan tetiba hobby menulis bisa mendapatkan imbalan rupiah, yah siapa yang menolak ? Dan dari berbagai komunitas aku bisa mendapatkan beberapa kegiatan yang menghasilkan uang.

Sampai suatu hari ada email yang menawarkan Content Placement (CP), lu cukup tuliskan ini ke blog mu boleh diedit tapi tak boleh mengubahnya. Sampai disini aku belum memahami tarifnya, karena jujur dari awal menerima job CP menurutku nominalnya sudah masuk akal.

Nah kenapa aku menuliskan tarif ini ? Karena beberapa hari ini berseliweran form google untuk diisi yang meminta blogger untuk melakukan CP, namun ketika tawaran tiba aku merasa ini salah alamat, ini bukan CP tapi mirip ke review dan nominalnya membuat kaget 50 ribu untuk minimal 500 kata . Buat aku tentu ini mengagetkan karena ini diluar kebiasaan, terlalu murah ! Memang hak setiap orang untuk mengambil job, karena kecilpun itu termasuk rezeki.

Tapi guys, come on ! kita harus satu suara, aku jadi teringat akan sosok Mas Hazmi, mendirikan sebuah komunitas dengan tujuan untuk lebih baik, beliau memasang tarif tersendiri untuk komunitasnya, klien ga bisa kasih fee minimal 200 ribu dia akan dengan tegas say NO... bukan matre guys ! tapi ini untuk sebuah standard !


Lalu bagaimana pengalamanku dengan job Content Placement ?

Alhamdulillah saat menerima job CP aku mendapatkan dari seseorang yang profesional, dalam artian jelas dan tarif masuk akal, karena itulah aku menganggap beberapa hari ini tawaran yang masuk tidak masuk akal !

Tahun 2011 

Tawarannya adalah menuliskan beberapa aplikasi handphone yang biasa kita gunakan, dibandrol 50 ribu untuk 150 kata dan tanpa link disuruh kirim minimal 5 artikel. Ini sangat masuk akal bagiku, bayangin 150 kata itu hanya satu paragraph guys, sangat wajar untuk 50 ribu di tahun itu ya.

Tahun 2014

Menikah dan memiliki anak satu membuat aku hilang dari dunia blogger, dan kembali lagi setelah memiliki anak kedua. Disini kembali aku menerima job CP dan CP itu bermacam-macam rupanya :

  • CP dengan link hidup satu, materi sudah ready jumlah kata 300-500 = Rp. 200.000
  • CP dengan link hidup, diberi bahan dan tulisan kita yang membuatnya  (hampir mirip review) 500-800 kata dan fee Rp. 500.000
  • CP tanpa link, lu harus hadir disebuah event , diberi materi, tulisan dibuat sendiri dengan jumlah kata 800-1000 kata, fee nya Rp. 1.000.000.
Penolakan dengan menyebutkan rate dan berbuah manis

ketiga jenis CP diatas sampai saat ini masih aku terima dan dari orang yang sama, jadi maaf bila aku menggunakan standard beliau untuk sebuah job CP karena menurutku tanpa aku nego semua tarif yang ditentukannya sudah sangat masuk akal , dan ingat guys dari beliau juga aku tahu untuk job CP itu pembayaran maksimal 1 minggu dari tayang, dan pengalamanku posting hari minggu, hari rabu sudah masuk transferan.

Balik lagi ke beberapa form google yang sudah aku isi belakangan ini, ketikatawarannya datang sungguh aku kaget, aku membalas email mengucapkan terima kasih dan menolak dengan langsung menyebut tarif minimalku. Diluar dugaan ternyata dibalas dan sesuai yang aku mau, see ? Artinya apa guys ? mereka tahu standardnya hanya saja karena masih ada yang mau bukan salah mereka juga menawar murah ! Sama seperti apapun dalam hidup ini, semuanya pilihan, ada demand ada supply, semuanya berlaku sama.

Tujuan artikel ini bukan mau bangga-banggan , hanya ingin semua blogger satu suara, bersatu untuk sebuah standard, kalau bukan kita yang membuatnya lantas siapa lagi ? 

So guys keep writing ! Aku selama ini menulis di kompasiana.com, dan baru memiliki blogspot gratisan ini 5 bulan lalu, jadi kurang masuk akal juga kalau ada yang bilang blog lu rangkingnya tinggi kali, DA/PA lu keren kali, ya boong bangetlah kan ya hehhe sepertinya CP gak mesti begitu kok.

Gitu aja guys, keep writing with something right ! hehehhe









When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.