Berapa Sih Tarif Content Placement ?

Berapa Sih Tarif Content Placement ?

Setelah melabel diri sebagai blogger (padahal blog gratisan) hehehe, habis apa donk sebutannya ? Biar simple ya sebut sajalah blogger (entah mau update ataupun tidak).

Content Placement itu apa sih ? Sebenarnya nggak paham juga tapi bisa aku terjemahkan sebagai sebuah tulisan yang minta dituliskan ulang dengan cara berbeda dan tentunya tujuannya untuk menaikkan rating sebuah link tertentu. 



Aku bukan termasuk blogger yang aktif, maklumlah selain sebagai karyawan yang bekerja di kantor, aku pun sebagai istri dan  ibu dari dua orang anak sehingga kegiatan tulis menulis benar-benar dilakukan kapan aku bisa, tak ada waktu tersendiri dan tak ada budget tersendiri. Bahkan aku lebih suka menuliskan sesuatu yang berupa pengalaman aku pribadi, karenanya menulis dengan imbalan rupiah memang tak menjadi target dalam hobbi ku ini.


Namun dunia berubah, aku sih ya tetap menulis dengan apa yang aku mau dan bisa. Perubahan itu justru mengasyikkan tetiba hobby menulis bisa mendapatkan imbalan rupiah, yah siapa yang menolak ? Dan dari berbagai komunitas aku bisa mendapatkan beberapa kegiatan yang menghasilkan uang.

Sampai suatu hari ada email yang menawarkan Content Placement (CP), lu cukup tuliskan ini ke blog mu boleh diedit tapi tak boleh mengubahnya. Sampai disini aku belum memahami tarifnya, karena jujur dari awal menerima job CP menurutku nominalnya sudah masuk akal.

Nah kenapa aku menuliskan tarif ini ? Karena beberapa hari ini berseliweran form google untuk diisi yang meminta blogger untuk melakukan CP, namun ketika tawaran tiba aku merasa ini salah alamat, ini bukan CP tapi mirip ke review dan nominalnya membuat kaget 50 ribu untuk minimal 500 kata . Buat aku tentu ini mengagetkan karena ini diluar kebiasaan, terlalu murah ! Memang hak setiap orang untuk mengambil job, karena kecilpun itu termasuk rezeki.

Tapi guys, come on ! kita harus satu suara, aku jadi teringat akan sosok Mas Hazmi, mendirikan sebuah komunitas dengan tujuan untuk lebih baik, beliau memasang tarif tersendiri untuk komunitasnya, klien ga bisa kasih fee minimal 200 ribu dia akan dengan tegas say NO... bukan matre guys ! tapi ini untuk sebuah standard !


Lalu bagaimana pengalamanku dengan job Content Placement ?

Alhamdulillah saat menerima job CP aku mendapatkan dari seseorang yang profesional, dalam artian jelas dan tarif masuk akal, karena itulah aku menganggap beberapa hari ini tawaran yang masuk tidak masuk akal !

Tahun 2011 

Tawarannya adalah menuliskan beberapa aplikasi handphone yang biasa kita gunakan, dibandrol 50 ribu untuk 150 kata dan tanpa link disuruh kirim minimal 5 artikel. Ini sangat masuk akal bagiku, bayangin 150 kata itu hanya satu paragraph guys, sangat wajar untuk 50 ribu di tahun itu ya.

Tahun 2014

Menikah dan memiliki anak satu membuat aku hilang dari dunia blogger, dan kembali lagi setelah memiliki anak kedua. Disini kembali aku menerima job CP dan CP itu bermacam-macam rupanya :

  • CP dengan link hidup satu, materi sudah ready jumlah kata 300-500 = Rp. 200.000
  • CP dengan link hidup, diberi bahan dan tulisan kita yang membuatnya  (hampir mirip review) 500-800 kata dan fee Rp. 500.000
  • CP tanpa link, lu harus hadir disebuah event , diberi materi, tulisan dibuat sendiri dengan jumlah kata 800-1000 kata, fee nya Rp. 1.000.000.
Penolakan dengan menyebutkan rate dan berbuah manis

ketiga jenis CP diatas sampai saat ini masih aku terima dan dari orang yang sama, jadi maaf bila aku menggunakan standard beliau untuk sebuah job CP karena menurutku tanpa aku nego semua tarif yang ditentukannya sudah sangat masuk akal , dan ingat guys dari beliau juga aku tahu untuk job CP itu pembayaran maksimal 1 minggu dari tayang, dan pengalamanku posting hari minggu, hari rabu sudah masuk transferan.

Balik lagi ke beberapa form google yang sudah aku isi belakangan ini, ketikatawarannya datang sungguh aku kaget, aku membalas email mengucapkan terima kasih dan menolak dengan langsung menyebut tarif minimalku. Diluar dugaan ternyata dibalas dan sesuai yang aku mau, see ? Artinya apa guys ? mereka tahu standardnya hanya saja karena masih ada yang mau bukan salah mereka juga menawar murah ! Sama seperti apapun dalam hidup ini, semuanya pilihan, ada demand ada supply, semuanya berlaku sama.

Tujuan artikel ini bukan mau bangga-banggan , hanya ingin semua blogger satu suara, bersatu untuk sebuah standard, kalau bukan kita yang membuatnya lantas siapa lagi ? 

So guys keep writing ! Aku selama ini menulis di kompasiana.com, dan baru memiliki blogspot gratisan ini 5 bulan lalu, jadi kurang masuk akal juga kalau ada yang bilang blog lu rangkingnya tinggi kali, DA/PA lu keren kali, ya boong bangetlah kan ya hehhe sepertinya CP gak mesti begitu kok.

Gitu aja guys, keep writing with something right ! hehehhe









156 Komentar

  1. Balasan
    1. uhuuuk nunggu job dari master..hahahha

      Hapus
    2. Mksh pencerahannya Mba.. Intinya placement mestinya menyesuaikan dgn parameter blog kita ya Mba.

      Hapus
  2. Setujuuuuu bingittttt mb uli

    BalasHapus
  3. Kalau kualitas blog kita bagus mah nego terus lah 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya gak usah nego, kalo mereka sudah punya tarifnya kan ? Tapi mereka mencoba karena ada yang bisa bayar murah, ketika kita satu suara paling tidak kedepannya mrk bisa tahu bahwa kita sdh ada std..

      Hapus
  4. Makasih mbak,jadi tahu kisaran fee nya. Biasanya,setau saya,jarang ada yang mau terbuka untuk hal ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru itu mbak, biar kita merata ya..

      Hapus
  5. dulu... pertama kali terima CP, fee saya pun segitu, tapi sekarang beda lagi dong hehe

    BalasHapus
  6. Mantaappp! Bisa jadi kisi-kisi buat aku yg msh pemula nih mba..jd tau standartnya brp.thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip,,,pasang tarif yg bener ya hehehe

      Hapus
  7. Terima kasih ulasannya, Mbak. Saya jadi tahu tarif2nya :-)

    BalasHapus
  8. Sip, fee nya bikin nelen ludah. Hihihi

    BalasHapus
  9. nah kaaan... habis segini kok jadi segitu. wah dapat lagi ilmu nih sekaligus memadukan suara.. makasih ya Mbak Uli..

    BalasHapus
  10. Iya mbak,, aku juga kadang dapat tawaran pertama dibawah 100 ribu, padahal kan,, ahh sudahlah,, :)

    semoga bisa kebagian CP dengan harga yng cocok kayak mbak ini, :)

    BalasHapus
  11. Berhubung saya baru dapat CP, saya masih menerima berapapun fee nya :D
    Semoga esok akan lebih baik, thanks, mbak infonya :)
    Jadi saya punya acuan, hehehehe

    BalasHapus
  12. terimakasih panduannya mak Uli, selama ini masih suka meraba2 berapa pantasnya.. :-)

    BalasHapus
  13. Belum pernah dapat CP.:)
    Makasih sharingnya.

    BalasHapus
  14. Kadang main nego2an kalau masalah ini

    BalasHapus
  15. Aku, kemarin dapat email, ditawarin CP ratenya 50 ribu dengan 2 link do follow... padahal biasanya 100an lebih ratenya meskipun pakai blog gratisan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, blm rezeqi si klien hehhee

      Hapus
  16. thank you for sharing mbak, blog saya juga gratisan dan selama ini ketemu "lowongan" CP kok selalu minta yang domain pribadi ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum mampir aja mbak, ada kok yang minta TDL cuman mmg kalo TDL biasanya mrk cuman pakai 2 akun saja per TDL, semoga sgr mampir tawarannya ya aamiin

      Hapus
  17. terima kasih untuk ceritanya mba, saya jadi termotivasi untuk keep writing. Blog mba baru 5 bulan tapi sudah sering dapat job? saya baru seumur jagung nih usia blognya, mesti kerja keras dan konsisten ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ini aku nulis di kompasiana, trs CP nya juga ditulis disana hehehe

      Hapus
  18. Makasih udah buka-bukaan mbak. Skrg aku tahu rate standar. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbnrnya aku selalu jwb apa ada nya , cuman kmrn terpikir buat dituliskan karena byknya yang ksh job CP tp ga sesuailah menurutku

      Hapus
  19. Sip banget nih...intinya kita juga nggak boleh semena-mena pada blog kita sendiri ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena memang ada stadndardnya kan... gak fair kalo krn ada yang mau murah trs mereka nyama ratakan saja

      Hapus
  20. Asyik ni kalau ada standarnya. Jadi lain kali bisa nego ulang sama yang nawarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, semoga bisa menjadi kebaikan ya tulisan ini hehehe

      Hapus
  21. Mbak saya sering lihat di kompasiana hehe, baru2 ni lihat punya blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbk suci hehehe ini dibuat karena di kompasiana sering hapus tulisan iklanku hahhaa

      Hapus
  22. Biasanya CP itu domain pribadi. Hebat Mak Uli, domain gratisan bisa dapat CP. Aku tawarin fee 1 jt utk job review, orangnya ga balik lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha iya mak, tadinya gak kepikiran krn aku kan di kompasiana, ternyata CP itu ttp butuh TDL tapi tiap 1 TDL mrk maksimal hanya dua akun, nah kebetulan kemarin mereka belum ada kompasiana jadilah nyasar ke aku hehee

      Hapus
  23. kita harus satu suara... keren :-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyakan? tujuannya cuman itu supaya kita satu hehehe

      Hapus
  24. Waini! Thanks sharingnya mbak...

    BalasHapus
  25. Nah, ini
    Saya dari dulu belum bisa nembus segitu mbak tarifnya
    Pengen bisa kayak gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan ada kok yang nyasar kek gitu hehehe

      Hapus
  26. Makasih ceritanya, jadi tahu tarifnya nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, paling tidak dari jumlah kata bisa jadi patokan ya

      Hapus
  27. Blog saya masih murni nulis karena hobby tapi belakangan mulai masuk beberapa email kerjasama. Membaca ini saya jadi ngerti standar yang harusnya berlaku merata pada sesama blogger, dan jadi mulai berharap ditawarin CP.Makasih sharingnya mba.

    BalasHapus
  28. Tfs mba,, ilmu baru nih,, kalo aku justru ga ngerti itu CP apa, ngeblog jg buat sarana me time aja :) tp baca ulasannya mba uli kok jd pengen ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama awalnya juga begitu tapi gak nolak kalo bisa menghasilkan hehhe

      Hapus
  29. Setuju mba... sebaiknya memang ada standar, minimal ya ada range tertentu supaya mereka juga bisa menghargai blogger. Kita juga harus bisa menghargai blog kita sendiri dengan gak menerima fee yang gak masuk akal (murahnya) :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu maksudku mbak, greget makanya jadi kutuliskan nih

      Hapus
  30. waw, begitu ternyata ya mbaa

    BalasHapus
  31. mupeng walau belum pernah dpt fee dari ngeblog
    masih belajar. Makasih postingannya Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat mbak, inshaallah akan menemukan tempat dan harga yg pas kok, keep writing

      Hapus
  32. tfs, aseli tempting mbak !

    BalasHapus
  33. Saya jadi lebih open minded

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya bisa nego besok2 mbak hehehe

      Hapus
  34. Kita memang harus bersatu ya mbak, punya standar yang sama. Agar para blogger bisa lebih dihargai. Standar yang mbak kemukakan akan saya jadikan acuan. Makasih ya...

    BalasHapus
  35. makasi pencerahannya mba

    memang sih ada agency yg masih tega 50 -75 ribu
    tp ada juga yg baik...ngasi 150-250 ribu
    kemarin sy pernah ditawar 50 ribu ...!!
    bayangkan mba..murah banget...sy tawar 100 ribu..dikasi 75 ribu
    karena saya yang memang menawarkan kerjasama..terpaksa diambil
    lain kali klu ditawarin segitu tak mau..
    duh..maaf numpang curcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, pengalaman tak pernah salah malah akan menjadikan kita lebih baik..

      Hapus
  36. kalau yang CP 50 saya ngak ngambil, paling kecil 200rb :)

    BalasHapus
  37. Wiiii referensi banget nih buat saya yang newbie iniiih

    BalasHapus
  38. Makasih sharingnya, memang seharusnya ada standart baku ya sehingga tidak ada yang dibayar terlalu murah atau terlalu mahal he3.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yg bisa nego dapet, yang ga paham kiciwa deeh

      Hapus
  39. Menurut ku nggak ada standar bakunya sih ya kalau kerjasama seperti ini. Soalnya kan faktornya banyak, selain dari kualitas blog, semacam DA, PA, PR, Alexa, juga nama/branding blog itu sendiri. :D Sukses ya mbak, semoga semakin banyak yang nawarin CP, bagi-bagi kalau dapat gede. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sih, tapiikan kalo boleh kita samainlah hehehe

      Hapus
  40. Nahhh.... ada juga yg nulis ini. Makasih sharingnya mak :)

    BalasHapus
  41. CP juga ditentukan oleh rating blog di internet, katakanlah parameternya Alexa rank. Nah,kadang2 yg alexanya gemuk, tapi dapet tawaran, ya agak sayang juga dilepasin.
    Tapi memang buat yang rank di internetnya udah bagus, memang wajib ada standarnya. Dan meski seorang blogger gak masuk komunitas yang melakukkan standar itu, paling nggak standarnya bisa diikutin secara umum.
    Tks, ulasannya menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betol bang doel, jumlah kata bisa lah kita jadikan standard ya..

      Hapus
  42. Pas bangey abis dapet tawaran CP dengan rate yang membuat meringis. Terus nego, terua belum dibales lagi, hehehe..Ga kalau rejeki nggak akan kemana ya Mba Uli? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak..gak pernah salah alamat hehehe

      Hapus
  43. btw aku belum pernah da[et tawaran CP sih daftar sana sini belum juga berhasil,, huhu tapi jadi bahan pelajaran deh nantinya...

    BalasHapus
  44. Sebentar, saya agak missed...

    CP dengan link hidup satu, materi sudah ready jumlah kata 300-500 = Rp. 200.000 --> ini bener content placement


    CP dengan link hidup, diberi bahan dan tulisan kita yang membuatnya (hampir mirip review) 500-800 kata dan fee Rp. 500.000 --> kita yang membuat sendiri? Namanya bukan CP tapi job review kayaknya


    CP tanpa link, lu harus hadir disebuah event , diberi materi, tulisan dibuat sendiri dengan jumlah kata 800-1000 kata, fee nya Rp. 1.000.000. ---> materi itu maksudnya press release? Tulisan bikin sendiri? Nampaknya bukan content placement juga :)

    Jadi nilai tinggi yang disebut, bukan content placement. Justru kayaknyaa yaa itu jenis sponsored post, terbagi menjadi article/content placement dan review. IMHO yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap beliau ksh job subjeknya CP, di awal tulisan sdh ngaku aku gak paham apa itu CP. Tapi dari ketiga metode diatas tak satupun aku menggunakan ide pemikiranku, mungkin cara menyampaikannya aku gak baik nih, tulis sendiri maksudnya ketik sendiri, mereka gak kasih wordnya, beda kalo yang 200 aku mmg tinggal copy paste, dan yang hadir dalam event pun sudah ada bahnnya, hanya ditugaskan ketik dan atur ulang paragrap saja, jadi menurut ku masih CP, intinya aku cuman sharing agar kita bisa punya standard, paling tidak mungkin bisa gunakan jumlah kata sebagai acuan untuk nego

      Hapus
  45. Idem sama mba Shinta :P

    BalasHapus
  46. Kalau orang yang nawarin kita bisa pake rate tapi kalau kita yang nawarin agak susah hihi :'v

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya juga ya hahhaa, tp jujur aku gak paham rate2an, awalnya sdh dikasih angka gitu jd aku pikir begitulah hahhaa

      Hapus
  47. Mbk2 ajak2 aku Mbk kalau rate cardnya bagus kayak gitu hehehe makasih ya Mbk sharingnya, jadi tahu harga yang sehat seperti di atas.

    BalasHapus
  48. Tfs mbak, baru nerima cp neh lg nego harga

    BalasHapus
  49. Makasih Mbak sharingnya. Sementara ini saya belum pernah dapet CP dengan nilai sebagus itu :) tapi belum pernah juga dapet yg 50rb. Tulisan mbak Uli ini bisa jadi bahan acuan ke depannya. Thanks Mbak :)

    BalasHapus
  50. hmm, masih blogger baru jadi belum menetapkan standart :)
    tapi kalo sapat tawaran 50rb juga pasti saya tolah :)

    makasih sudah buka-bukaan tentang hal ini Mba Uli :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyalah 50rb mah untuk mikir sednir gak paslah ya heheh

      Hapus
  51. Makasih sudah share, Mbak :)

    BalasHapus
  52. Dulu awal-awal dapet job di blog, ga berani pasang mahal. Dapet review senilai 100 ribu aja udah seneng. Tapi kalau di bawah itu, kok ya... duhhh.... sekarang coba-coba dikit-dikit naikin tarif. hahayyyy.... TFS mba. Tulisannya blak-blakan, bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihih iyalah bensin aja naik mosok blogger kebawah hehhee

      Hapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Viral banget artikel ini. Salam kenal dari Jogja Mbak.

    BalasHapus
  55. Bersatuu ..,berdaulat....
    Ayooo blogger bersatu.. Gandengan salim

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe biar ga ada yang rusak harga pasaran hehehe

      Hapus
  56. Joss... emang harusnya ada standard yang jelas sih utk tarif mentarif ini :-D

    BalasHapus
  57. CP itu sama gak mbak dengan content writer? Saya prnh dpt job itu tp saya tolak krn fee nya murah bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda mbak, kalo content writer harus lebih berat karena bisa nya kita harus menulis sesuai tema mereka

      Hapus
  58. Makasaih sharingnya. Aku jg lagi penasaran soal content placement nih. Beda kan ya sama job review.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda mak, kalo job review lebih gede mak

      Hapus
  59. Wohoho akhirnya tau at least standar CP. Aku waktu itu pernah ada yang minta kerjasama CP, tapi dari awal kurang sreg sama cara emailnya, padahal belum masuk ke rate harga ya hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihih semoga akan mendarat dengan sukses yang selanjutnya ya

      Hapus
  60. pas banget baru dapet email content placement lagi (yg dulu tak tolak soalnya feenya mumer ga masuk akal). sekarang nyoba nego ah :D

    makasih kaka postingannya, so helpful ^_^

    BalasHapus
  61. saya satu suara padamu mak! artikel ini sudah mejawab rasa penasaran ku selama ini. tengkyu beratttt!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh senang nya ada yang sepakat hehhee

      Hapus
  62. Ternyata "cuma" upload materi udah jadi aja tarifnya lumayan yah. Berarti kemaren aku kemurahan ya huhu...Makasih sharingnya ya Mba. Ntar-ntar kunego lagi deh :)

    BalasHapus
  63. Ternyata "cuma" upload materi udah jadi aja tarifnya lumayan yah. Berarti kemaren aku kemurahan ya huhu...Makasih sharingnya ya Mba. Ntar-ntar kunego lagi deh :)

    BalasHapus
  64. Keren banget, mba Uli :)
    Smoga aku juga bisa mengikuti jejak mba Uli ya. Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, akan mendarat pada waktunya kok mbak hehehe

      Hapus
  65. Whatt 50rebu??? Ya alloh ngeri ngeri sedap tuh tarif blogger atau ongkos buat naek angkot hihihi

    BalasHapus
  66. ngeri juga harganya 500eibu..... 10 job aja sebulan udah lima jeti,,,klo ane bersyukur meski kadang dikasi 50 kadang 100, gpp buat newbie macem ane, intinya Ane Tetep Bersyukur, tiap orang beda-beda dlam mnerima rizki, kecil gpp semoga berkah.
    Amiiin

    BalasHapus
  67. mba uliiii... makasih banyak atas infonya. ini jadi panduan aku banget lho, kebetulan baru-baru ni dapat tawaran CP gini, awalnya rada bingung mo netapin tarif, tapi ingat postingan mba ini, kita blogger kerja pake otak jadi tetap harus dihargai sepantasnya. terimakasih banyak ya mba :)

    BalasHapus
  68. Terima kasih pencerahannya, kakaa...

    Setuju banget sama bagian ini:

    "Tujuan artikel ini bukan mau bangga-banggaan, hanya ingin semua blogger satu suara, bersatu untuk sebuah standard, kalau bukan kita yang membuatnya lantas siapa lagi"

    Cucok! :))


    BalasHapus
  69. Terimakasih atas pencerahannya :)
    Aku malah baru tau ada istilah CP di dunia blogger, blog aku isinya review produk dan itu aku tulis dengan inisiatif sendiri karena pengen berbagi. Ternyata ada istilah job review juga dan itu bayarannya ga main-main hihihiii..


    Mampir ke blog q ya mbak Dhe Ujha's Blog

    BalasHapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. hai mb, salam kenal. rate untuk CP dipengaruhi dengan jumlah pageviews perhari nggak?

    BalasHapus
  72. Mba... kalau kita menerima tawaran cp itu ada dampaknya ke blog kita ngga sih? Oiya, diupdate dong mba tahun sekarang hehehe

    BalasHapus
  73. Setuju, kebanyakan CP cuma 50rb. Hee
    yang mau pasang Cp silakan kunjungi blog ku: Klik Disini

    BalasHapus
  74. Wah terimakasih atas pencerahanya ya mbak... abis bingung nyari tarif soalnya ...eh nyasar disini...thanks

    BalasHapus
  75. Wah kak Uli tahu aja aku lagi galau nulis tarif CP di form google yg bersliweran xixixixi. Trims share pengalamannya

    BalasHapus
  76. Suka sekali dengan perjuangan menetapkan standarnya mbak. Itu contoh konsistensi demi kebaikan pemilik situs dan reputasi dimasa mendatang. Terimakasih

    BalasHapus
  77. Thank ya...baru mau terima CP jadi mampir ke blog agan, terima kasih telah menginfokan terif CP (Content Placement) bermanfaat banget buat yang baru mulai dilirik para pemberi CP. Dalam bisnis nawar dan ngikut pasar syah-syah saja..yg penting saling tegur sapa yang enak dan nyaman..biar enjoy..!!! betul kan ya..hehe

    BalasHapus
  78. Wah punyaku murah abissss

    BalasHapus
  79. Kerennnn Kak... Jadi dapat acuan standarnya berapa sekarang, ma kasih ya buat infonya.

    BalasHapus
  80. Betul itu mba, masa mau di bayar 50rb aja. Apalagi kalau blog kita sudah memiliki pengunjung yang lumayan. Kalau content placement sih masih wajarlah diharga ratusan ribu. Tapi kalau soal review produk, apalagi brand ternama harusnya di atas 1 juta. Spertihalnya yang berlaku di luar sana. Kalau soal placement, saya mencoba membuat formula untuk membantu para blogger memasang tarif wajar dan mungkin bisa menjadi acuan dalam negeri yang saat ini memang masih jauh dari standar luar negeri sana. Artikel baru saja saya publish di blog saya, silahkan dilihat dan ditunggu reponnya soal formula tersebut. Salam kenal ya mba.

    BalasHapus
  81. kalau bisa semahal mungkin, karena itu selamanya artikel tayang di blog kita. . .selama blog kita aktif.

    BalasHapus
  82. klo permanen berapa ya kira" harga yang cocok.

    BalasHapus
  83. Sempat saya bingung juga nih tarif CP, akhirnya biarkan saja mengalir saja kebaikan hati para advertiser yang memberi job

    BalasHapus
  84. Terimakasih mba infonya, memang kita sesama blogger harus punya standar nomimal yang sama, biar tidak saling menjatuhkan harga.

    BalasHapus
  85. Saya biasanya kalau tinggal posting 100rb sya terima mba, tpi law disuruh saya yang nulis, sya nego lagi 2x lipat. Lau mereka gag mau sya cancel.

    BalasHapus
  86. wah saya kok masih galau ya nentuin berapa tarif satu artikel yang tayang di blog saya. blog saya tema sosial media, tips Instagram, kira-kira berapa ya nentuin tarif nya. visitor sekitar 5k dari search enginer semua

    BalasHapus
  87. Uuu.. Pengen dapet penghasilan juga dari blog. Selama ini yaa cuma nulis doang gak tau arah (?)

    Emang ada ya yang mau ngasih job CP ke blog yg gak seberapa kayak blog aku 😢😢

    BalasHapus
  88. Semakarang banyak bloger yang menjatuhkan harga content placement, payah banget.....

    BalasHapus
  89. Terima kasih banyak atas informasinya. Kebetulan nih lagi dapet beberapa tawaran kerjasama content placement.

    BalasHapus
  90. Allhamdulillah berapapun itu disyukuri, tp yg pnting sih kita tidak jual murah aja, hehehe kasian anak cucu kita nanti di hantam sama tengkulak artikel dengan ongkos pasang yang bisa dikatakan memprihatinkan.

    BalasHapus
  91. content placement sangat berguna bagi pemilik brand agar kredibiltas mereka naik.

    BalasHapus

Komen ya biar aku tahu kamu mampir