20161229

Kreasi Menu MPASI Bersama SUN Ubi Ungu, MPASI Fortifikasi Pertama di Indonesia

Ketika menjadi Ibu maka kehadiran buah hati merupakan sebuah kebahagian tersendiri, dan tentunya sebagai orang tua akan berusaha memberikan yang terbaik. WHO pun memberikan standard untuk memberikan ASI Ekslusif selama 6 bulan kepada Bayi, ASI sudah teruji sebagai makanan terbaik bagi Bayi, selain nilai gizi nya 'sempurna' juga memiliki zat imun yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh bayi dan ASI juga mudah dicerna oleh pencernaan bayi yang baru lahir.

Kreasi Menu : Puding Sun Ubi Ungu Lapis Mangga


Disaat buah hati mencapai usia enam (6) bulan, maka tumbuh kembang juga terjadi, gerakan anak semakin banyak dan produksi ASI ibu juga menurun, karenanya dibutuhkan makanan lain sebagai pendamping untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Dan pada masa tumbuh kembang bayi, sekitar 70-80% sel imun di bentuk dalam saluran pencernaan, tetapi secara fisiologis saluran pencernaan bayi belum bekerja secara sempurna sehingga belum maksimal dalam menjalankan peran sebagai sistem imun. Saat ini pemerintah juga sedang gencar menyampaikan program 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), dimana pada rentang ini adalah usia yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak, karenanya pada 1000 HPK para orang tua harus memberi nutrisi terbaik bagi anak-anak nya. Di awal kehidupan ini anak-anak harus diperhatikan secara khusus, berikan makanan penuh nutrisi yang baik bagi pencernaan nya.  hal ini dikarenakan bayi belum memiliki saluran pencernaan yang matang apalagi sel-sel pencernaan belum sempurna sehingga kemungkinan zat-zat tidak baik sangat mudah masuk ke dalam pencernaan. Saluran pencernaan adalah organ yang bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi yang masuk, so ada sebuah kesimpulan ya moms kalau pencernaan nya bagus/sehat maka nutrisi yang masuk akan terserap dengan baik oleh tubuh dan inilah alasan kenapa para mommies harus cermat memilih MP-ASI bagi adik bayi.

Sumber Poto : FP Kasih SUN


Tahun 2013 adalah tahun dimana aku memiliki seorang anak, dan ketika akan berusia 6 bulan akupun berkonsultasi dengan Dokter Anak untuk mengetahui bagaimana bisa memberikan MPASI yang baik bagi anak. Awalnya aku berpikir bahwa dengan mengolah sendiri makanan bayi adalah cara terbaik. Nyatanya sang Dokter membuka pikiran ku bahwa mengolah MPASI sendiri juga tidak menjadi jaminan nilai gizi bisa kita berikan sesuai kebutuhan anak, bisa-bisa bila salah dalam pengolahan justru nutrisi yang masuk membuat anak kurang gizi, belum lagi bila kita tidak bisa menjaga alat-alat masak tetap steril justru jadi penyebab anak diare. Keberadaan MPASI instant justru bisa membantu mommies untuk memberikan MPASI yang tepat bagi buah hati. MPASI instant juga bisa kita kreasi kan dengan sayuran, buah atau lauk sehingga menjadi tidak membosankan bagi buah hati kita. Regulasi produksi MPASI pabrikan juga cukup ketat, dipastikan semua MPASI pabrikan sudah di takar dengan tepat dan tanpa bahan pengawet melainkan menggunakan teknologi tinggi yang menjamin semua bahan tetap segar dalam jangka waktu tertentu.

Nah, sedikit mau sharing nih moms, Awal Desember kemarin aku menghadiri sebuah acara talk show bersama salah satu perusahaan MPASI instant yang sudah 25 tahun menemani para mommies nih, yup PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) lewat brand SUN mengadakan gathering bersama mommies blogger. Awal Oktober kemarin SUN sukses meluncurkan produk anyar nya lewat SUN varian rasa baru Ubi Ungu sebagai MPASI fortifikasi pertama yang hadir di Indonesia. Ibu Desi Hendradiani selaku Brand Manager SUN juga menjelaskan bahwa kehadiran SUN Ubi Ungu disambut baik karena dianggap bisa mengenalkan kepada bayi sumber karbohidrat lain selain beras, dan semoga saja hal ini bisa mengurangi ketergantungan kita terhadap beras yang sudah sangat tinggi, perkenalan sejak dini merupakan salah satu caranya. Terdapat 30% kandungan ubi ungu asli yang kaya akan antosianin sebagai sumber antioksidan alami yang baik untuk mendukung daya tahan tubuh sehingga bayi tidak akan mudah sakit. Hebatnya lagi SUN Ubi Ungu ini juga sama dengan SUN varian lainnya telah di fortifikasi dengan 11 vitamin dan 7 mineral.

Sumber Poto : FP Kasih SUN


Lalu benar nggak sih Ubi Ungu itu hebat ? Aku mau sharing aja dulu Dokter anak kami menyarankan aku memberikan Ubi Ungu dalam bentuk puree, menurut beliau Ubi Ungu itu sangat baik kandungannya, warna ungu nya mengandung antioksidan yang seperti di jelaskan Ibu Desi dimana sangat baik untuk mencegah radikal bebas, menyerap racun dan bisa menghambat gumpalan darah yang bisa memicu konstipasi pada anak sehingga sangat baik bagi pencernaan bayi.

Sumber Poto : FP Kasih SUN

Dan akupun menemukan jawaban yang lebih baik pada acara gathering kali ini, dimana para ahli mengulas keunggulan dari Ubi Ungu. Hadir sebagai pembicara adalah Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS , Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor dan dr. Julistio Tryoga Budhiawan Djais, Sp.A (K), M.Kes juga sebagai Konsultan Nutrisi Anak.  Selama ini menurut prof Ali , keberadaan Ubi jalar sudah diketahui kaya akan serat sehingga memang bayi bila dijadikan sebagai pilihan menu MPASI, ilmu pengetahuan berkembang sehingga Ubi jalar hadir dengan beberapa varietas dan salah satunya adalah Ubi Ungu. Prof. Ali mengatakan bahwa Ubi Ungu adalah salah satu bahan pangan lokal yang mudah di dapat dan tergolong superfood karena mengandung betakaroten dan antosianin. Bila diproses dengan tepat maka bisa menghasilkan produk turunan ubi ungu yang bergizi dan tahan lama sehingga layak dijadikan sebagai salah satu pilihan menu MPASI. SUN sangat peduli karenanya menghadirkan Varian terbarunya , dan ini sangat positif, apalagi dengan pengolahan pabrikan yang sudah memenuhi prosedur maka SUN varian ubi ungu bisa dijadikan pilihan MPASI yang sarat gizi dengan kandungan antioksidan alaminya , juga akan menjaga kesehatan pencernaan anak. Sepakat dengan Prof Ali, dr, Julistio pun menyambut baik kehadiran SUN ubi ungu, bahwa sebagai Konsultan Nutrisi Anak beliau memandang banyak kasus kekurangan gizi itu disebabkan permasalahan pada pencernaan bayi sehingga nutrisi tidak diserap dengan baik oleh tubuh. Bila pencernaan baik, gizi cukup maka tumbuh kembang anak pun akan sesuai dengan pertambahan usianya. Hal lain yang perlu diperhatikan Ibu adalah kandungan gizi MPASI harus dilengkapi dengan zat gizi makro dan mikro seperti zat besi , zinc dan mineral lainnya.



SUN Ubi Ungu bisa dijadikan pilihan karena sudah difortifikasi dengan 11 vitamin dan 7 mineral dan keberadaan antosianin dalam ubi ungu menjaga keseimbangan bakteri baik (prebiotik) dan tentunya hal ini sangat baik dalam mendukung kesehatan pencernaan anak yang penting bagi menjaga daya tahan tubuh anak.


Semua mommies yang hadir pun antusias mengajukan pertanyaan, salah satunya Mbak Oline yang memberi masukan agar SUN menghadirkan produk lain berupa biskuit Ubi Ungu, sehingga balita bisa juga mendapatkan camilan yang sehat. Dan tak lupa Ibu Desi memberikan tips bagaimana cara menyimpan MPASI yang baik, yaitu perhatikan saat membeli produk MPASI, pastikan kemasan tidak rusak, cek masa kadaluarsa nya, lalu buka kemasan dan pindahkan kemasan aluminium foil MPASI ke dalam wadah yang kedap udara, setelah disajikan maksimal dalam 2 jam harus sudah dihabiskan, dan segera buang bila ada perubahan warna dan bau.



Dan acara belum usai karena gathering kali ini para mommies diajak membuat kreasi menu MPASI ala SUN Ubi Ungu, dan kreasi menu kali ini diberikan langsung oleh chef Giovanni Kurniawan. MPASI instant ternyata bisa banget kita buat kreasi , tak melulu hanya seduh dengan air hangat. Supaya anak tidak bosan kita bisa membuat beberapa kreasi MPASI SUN Ubi Ungu , selain tampilan nya menarik adik bayi, rasanya juga yummy dan tentunya nutrisi nya juga semakin baik karena kita olah beserta buah-buahan, sayur-sayuran atau dengan kaldu.



Sore itu ada dua kreasi menu yang diajarkan chef Giovanni, mommies boleh juga nih membuatnya untuk buah hati tercinta, bahannya menggunakan buah-buahan yang mudah ditemukan dan tentunya tak repot.


SUN UBI UNGU with MIX FRUITS




Bahannya : 2 sendok Bubur SUN Ubi Ungu, 200 ml ASI, aneka buah yang bisa disesuaikan dengan usia anak, kali ini ada strawbery, buah naga merah, orange dan anggur.

Cara Membuat :

  1. blender buah-buahan nya lalu saring, 
  2. kemudian encerkan bubur SUN dengan 200 ml air hangat atau ASI 
  3. dan sajikan bersama buah-buahan yang sudah di saring tadi.


Menurutku kreasi menu ini bisa diperuntukkan untuk adikbayi berusia 6-10bulan, kalau diatasnya mungkin buahnya di cincang kasar saja ya moms.


SUN UBI UNGU with Sweet Corn Creamy Soup




Kreasi menu kedua ini menurut ku enak banget, perpaduan susu, jagung dan ubi ungu membuatnya sangat harum dan enak di lidah, adek bayi pasti suka.

Bahan : 2 sendok makan bubur SUN Ubi Ungu, 200 ml air, 1 buah jagung yang sudah direbus, 1 siung bawang putih dihaluskan, 100 ml ASIP.

Cara Membuat :


  1. Tumis bawang putih menggunakan butter lalu masukkan ASIP , awasi kompor dengan api yang sangat kecil supaya susu tidak rusak
  2. Masukkan jagung rebus yang sudah dihaluskan,saran aku sih untuk adek bayi yang usianya baru 6 bulan sebaiknya disaring aja ya moms, kalau sudah satu tahun ke atas boleh di pipil jagungnya.
  3. Setelah jagung menyatu dengan ASIP, matikan kompor dan masukkan SUN Ubi Ungu, aduk sampai rata dan siap disajikan
Semua mommies yang hadir diberi SUN Ubi Ungu, dan begitu sampai di rumah anak nomor dua ku langsung meminta di seduh, dan rasanya enak banget bahkan aku suka, lalu si sulung meminta ku membuat puding, jadilah aku berkreasi dengan SUN Ubi Ungu, resep ini aku namakan "Puding Sun Ubi Ungu Lapis Mangga". Paduan warna ungu dan kuning membuat sempurna puding ini, dan langsung habis dalam sekejap.

Puding SUN Ubi Ungu Lapis Mangga



Bahannya



  • SUN Ubi Ungu 80 gram atau 4 sendok makan
  • 1 bungkus nutrijelly rasa mangga
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • air
Cara Membuatnya :

  1. Encerkan SUN ubi ungu dengan 400 ml air, aduk sampai tidak ada gumpalan, lalu masukkan agar-agar plain, dan masak hingga air sedikit mendidih, matikan api dan tuangkan kedalam cetakan, tunggu dingin dans edikit mengeras
  2. Campurkan nutrijelly mangga dengan 500 ml air, masak hingga mendidih dan tuangkan diatas adonan SUN Ubi Ungu yang sudah mengeras.
  3. Dinginkan dan tunggu hingga mengeras sempurna, dimakan dalam keadaan dingin jauh lebih enak
Selain MPASI dengan aneka varian rasa, SUN juga mempunyai biskuit bayi yang bisa diencerkan bersama susu untuk menjadi bubur, atau buat anak berusia satu tahun keatas moms bisa juga membuatkan puding Cokelat Susu SUN sebagai camilannya.

Nah, bagaimana moms ? sudah dapat ide kan untuk menu MPASI si kecil ? Dan jangan lupa untuk mampir di Facebook Kasih SUN, banyak informasi seputar anak disana, dapatkan tips-tips seputar parenting supaya mommies bisa memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like facebook Kasih Sun ya moms  di http://facebook.com/KasihSUNID.





21 comments:

  1. eh iya yang kedua nampak enaaaak. ada butter gt
    aku belum pernah modif yang instant selama ini. layak coba buat nanti mpasi. bookmark maacii

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku suka mak, air seduhan aku ganti kaldu tambahin brokoli gt,jd enak deh

      Delete
  2. wah ternyata makanan instan buat bayi bisa dimikin variasi yg lain.. kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget mak, cb buat next baby ya hehe adek e babam

      Delete
  3. aku baru tau ternyata cerelac ada varian rasa ubi ungu ya.. hehhehe kreasi MPASInya juga keren banget mak

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen punya anak lagi...kelihatan gampang membuat variasinya

    ReplyDelete
  5. Untuk dewasa tinggal rebus atau kukus Ubi Ungu, untuk bayi biar dapat manfaat Ubi Ungu bisa banget dengan Varian SUN Ubi Ungu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg SUN ubi ungu sampe beli lg ria, krn aku suka haha

      Delete
  6. waktu anakku masih baby, aku sering bikin mpasi ubi ungu tapi masih dibejek2 manual, sekarang enak udah ada versi sun ubi ungu, lebih praktis ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga dl kasih tp dl belum ada instant kalo skr sdh ada jd enak

      Delete
  7. Wah orang tua juga suka ini sih 😊😊

    ReplyDelete
  8. Eh bisa aku praktekin ni. Buat anak 3 tahun ngga papa kan? hehehe.

    ReplyDelete
  9. iya enak cocok buat semua usia menurut ku hehe

    ReplyDelete
  10. Wah, enak ya dicampur jelly..mau coba ah

    ReplyDelete
  11. Wewh bisa juga sun ubi ungunya dicampur sama nutrijel hehe, kalau anak-anak suka berarti enak tuh

    ReplyDelete
  12. Aku suka ubi ungu, direbus aja juga enak...jadi pengen nyobain bikin puddingnya. Resepnya boleh dicoba nih kapan2 :)

    ReplyDelete

Komentar mu Informasi untuk Kita