20170111

Serial Kartun Korea Disukai Anak

India dan Korea adalah negara yang aku nilai berkualitas dalam dunia film, bukan hanya berhasil menghibur orang dewasa, bahkan kedua negara ini aku nilai cukup bisa membuat anak-anak suka akan beberapa serial kartun yang dikeluarkannya.


Kali ini mau bahas dulu beberapa serial Kartun Korea Selatan yang disukai kedua anak ku di rumah. Anak-anak seharian berada di daycare, so waktu menonton televisi di rumah itu ketika weekday hanya di pagi hari (04.30 sampai 05.30) dan sore hari dari jam 17.30 sampai 19.15, kalau weekend biasanya sih ikut mami ke event blogger atau mengunjungi para uwak. Dan di pagi hari hanya ada satu televisi yang acaranya serial kartun, yaitu RTV dan iklannya biasanya lagu nasional, jadi lumayan lah anak-anak bisa berdendang lagu Tanah Air Beta. Serial nya pun aku anggap cukup mendidik yaitu Syamil dan Dodo dilanjutkan Diva. Banyak banget pelajaran yang bisa diikuti keduanya, misal seperti melaksanakan sholat, atau hal-hal baik lainnya.

Ketika anak-anak pulang dari daycare maka ada beberapa kartun korea yang menjadi kesukaan mereka, eh kesukaan apa karena memang itu saja yang tersedia di rumah kami ? dan karena pagi  hari channelnya RTV so pas TV dinyalain channelnya balik lagi ke RTV dan bersyukur banget ternyata acaranya masih untuk anak-anak, dan beberapa serial kartun korea selatan ini mampu mengajarkan beberapa hal kepada anak-anak ku, kadang sampai mau bilang terima kasih ke tokoh kartun nya hahaha.


Pernah ketika di bandara aku menggandeng tangan Kanda lalu menyebrang di zebra cross, mendadak dia menoleh ke kiri dan kanan lalu sebelah tangan diangkatnya membuat gerakan meminta mobil melambat , bengong lah emaknya ? Duh pintar ucapku bangga, Kanda pun bilang kalau itu yang ajarkan Poli (Serial Robocar poli). Pernah lagi waktu membawa adiknya ke Dokter, Kanda cerita "Gak apa-apa ya mami kalau disuntik", iya jawabku, emang Kanda pernah disuntik ? aku balik bertanya, diapun jawab "enggak sih, tapi Tayo jadi sehat karena di suntik", again serial Tayo The Little Bus membuat Kanda memahami sesuatu. Lain lagi dengan Kayama, beli melihat penguin langsung teriak "pololo" serial Pororo juga bagus menurutku, karena mengajarkan bagaimana tata krama berteman dan petualangan seru lainnya. Atau ketika tak mau makan maka aku akan dengan mudah menawarkan roti karena mereka akan teriak "klod bed", serial kaka beradik yang suka dengan roti awan "Cloud Bread".

  • Pororo The Little Penguins, ini adalah serial kartun anak yang sudah tayang di Korea Utara sejak 2002 dan setahun kemudian (2003) menyusul Korea Selatan menayangkan kartun ini. Ceritanya tentang sebuah desa bersalju Porong Porong Forest. Kartun ini sederhana banget dalam hal cerita, tapi menurutku mampu membuat anak menangkap dengan baik pesan moril dalam cerita, bagaimana jangan merebut mainan teman, bila ditawari makanan maka ambil secukupnya, dan banyak cerita lain yang bisa dicerna anak dengan mudah.
    Sumber Poto : korea.net
  • Robocar Poli, nah kalo ini tentang beberapa mobil yang bisa bertranfromasi menjadi robot dalam keadaan bahaya. Kartun ini banyak mengajarkan anak-anak tentang berlalulintas, bagaimana menyebrang jalan, mengendarai sepeda dengan baik bahkan Kanda pernah meminta pakai helm ketika mau naik sepeda. 
    Sumber Poto : kartun.com
  • Tayo The Little Bus, lagi-lagi ini kartun korea tentang kendaraan, entahlah mungkin jenis-jenis transportasi memang menarik bagi anak-anak. Kalau ini tentang bus-bus yang bekerja melayani masyarakat kota, dalam ceritanya selalu mengandung pesan moril kehidupan, yang bisa dipahami dengan mudah oleh anak-anak.
    Sumber Poto :disneyxd.disney.my
  • Cloud Bread, karton yang satu ini agak lucu menurutku, bentuknya tidak seperti kartun kebanyakan, mirip seperti bongkar pasang (BP), boneka kertas yang di gunting-gunting, jadi kelihatan gepeng gitu hehe, Dan lucunya doubing bahasa Indonesia nya punya dialeg yang khas, jadilah Kanda ikutin iramanya, kalau Kanda bicara ala Cloud Bread aku serasa berada diawan hahaha. Ini tentang kakak beradik Hongbi dan Hongsi, disaat hujan turun Ibu mereka membuatkan roti dan Hongsi dan Hongbi melihat ada awan di pohon dari jendela rumahnya, lalu awan itu di masukan ke adonan roti jadilah Cloud Bread, uniknya setelah memakan Cloud Bread maka Hongbi dan Hongsi bisa terbang dan petualangan kaka beradik ini juga sarat dengan pesan moril keseharian dunia anak-anak.
    tubefilter.com

Nah , itu dia serial kartun Korea kesayangan kami sekeluarga. Aku adalah Ibu yang bekerja jadi waktu bersama anak-anak memang sangat kurang, di saat menonton kartun ini biasanya aku akan banyak bertanya, ini siapa ya ? Kok ceritanya begini ya ? Dan Kanda akan menjelaskan kepada ku siapa saja tokoh dalam cerita kartun itu dan kenapa mereka begini begitu, yah semoga saja waktu yang tak banyak itu bisa meninggalkan kesan bagi anak-anakku dan dengan membuat pertanyaan aku berharap kegiatan itu menyenangkan bagi anak-anak.

Mommies punya serial kartun favorit apa ? 




7 comments:

  1. Waah Mba Uli, anakku juga lg suka banhet nonton kartun Korea di RTV.. hihi.. :D Favoritnya Cloud Bread sama Robocar Poli. Aku jg suka ikutan nonton, pesan moralnya bagus bgt menurutku. Apalagi Cloud Bread nyeritain hubungan kakak adik dan keluarga.. Cerita sehari2 dibarengi imajinasi keren juga, kadang ada jg episod yg bikin aku terharu.. :)

    ReplyDelete
  2. Anak - anakku suka ke 4 nya dan ada satu lagi yang mereka suka yaitu Cocomong mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi bener mba Lily, ponakan ku tergila2 juga sama si kokomong 🤗

      Delete
    2. oh iya cocomong juga heheh kelupaan emaknya

      Delete
  3. Serial kartun yang paling aku sukai adalah South Park, entah di Indonesia diputar apa ndak..Ini kartunnya dewasa tapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum diputar mak,entah kalo di tv berbayar hehhe

      Delete
  4. jangankan anak anak mbak aku saja suka bgt nonton tayo, robocar poli, rainbow ruby, cloud bread hihi sampe ampir apal semua ceritanya

    ReplyDelete

Komentar mu Informasi untuk Kita