3 Cara Sederhana Merawat AC Rumah Supaya Tetap Dingin dan Awet

3 Cara Sederhana Merawat AC Rumah Supaya Tetap Dingin dan Awet


AC a.k.a. Air Conditioner adalah alat pendingin ruangan yang memiliki sistem pendingin berbeda dengan kipas angin. Kemajuan pembangunan dan kepadatan penduduk merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan suhu udara saat ini, namun teknologi pun mengiringinya dengan menghadirkan berbagai pilihan pendingin ruangan. AC adalah salah satu yang diminati saat ini, bahkan target pasarnya bukan hanya kelas atas melainkan sudah semua kalangan masyarakat bisa membeli produk pendingin ruangan ini.




Aku sendiri baru benar-benar membutuhkan AC saat tinggal di daerah Tangerang, sebelumnya aku masih bisa berdamai dengan cuaca karena aku berada di daerah yang tak begitu panas. Sejak menetap di Tangerang rasanya give up juga dan akhirnya aku membeli satu unit AC. Sebelum memutuskan membeli AC as a smart buyer haha, maka aku mencari beberapa merk dengan segala fitur yang dimiliki nya sebagai bahan pertimbanganku.

Beberapa pertimbangan yang aku lakukan dalam membeli AC adalah : 

1.    Menentukan besar kecilnya PK (PaardeKracht) AC, karena kalau salah menentukan maka usaha kita akan menjadi sia-sia genks, bayangkan kalo PK kekecilan maka ruangan gak akan dingin, sementara kalau PK kegedean kita malah kedinginan, brrrrr. Untuk mengetahui PK AC yang pas, maka ketahui dahulu ukuran ruangannya, ilmu ini aku ketahui ketika bertanya pada sales AC di mall. Jadi perhitungannya adalah luas ruangan di kali dengan 500 dan 500 ini adalah angka BTU/h alias British Thermal Unit per hour. Jadi kalau AC 1/2 PK itu BTU/h nya adalah 5000, so ini berarti untuk ruangan yang 10 m2, nah karena ruangan ku ukurannya 4m x 3,5m = 14 m2 maka aku membutuhkan 7000 BTU/h dan ini adalah AC 3/4 PK.

2. Tentukan Merk, Hal kedua yang aku lakukan setelah mengetahui   kebutuhan PK adalah merk, karena tidak semua brand mengeluarkan AC     dengan banyak pilihan PK. Nah kalau sudah menemukan beberapa brand yang memiliki PK yang aku butuhkan maka selanjutnya adalah poin 3

3.  AC Hemat Listrik, Nah bila ada beberapa brand yang memenuhi kriteria ku, maka aku mempersempit dengan melihat pemakaian listriknya. Tak dipungkiri harga AC memang bisa kita jangkau tapi bila tak cermat maka pemakaian listrik akan bengkak juga. So investasi lebih mahal sedikit tak mengapa asal tak memberatkan pemakaian listrik bulanan.

4.  Fitur AC, Saat ini semua brand menjual kehebatan fitur, ada yang anti jamur dan bakteri, ada yang langsung dingin begitu dinyalakan dan berbagai kehebatan lainnya. Bagiku fitur utama yang aku butuhkan adalah AC bisa dingin dikala suhu ruang (22 oc) dan memiliki timer serta bisa membersihkan diri nya sendiri (pemilik malas ini hahaha)


Empat pertimbangan diatas membuat aku sampai pada sebuah brand AC dan benar saja setelah memasang AC di dalam kamar duh adem, dan kamar adalah ruangan yang aku rindukan kala beraktifitas di luar. Masuk ke dalam kamar rasanya nyeesss, langsung adem, dan istirahat juga jadi nyaman banget, bahkan bisa mengisi energi kembali setelah lelah beraktifitas diluar rumah.

Sudah 5 tahun kami menggunakan AC diruang tidur kami, dan alhamdulillah masih jos banget dinginnya, sebagai ibu yang mengurus semua urusan domestik rumah tangga maka aku mempunyai 3 langkah sederhana untuk merawat AC rumah biar tetap dingin dan awet umurnya, lets check genks !






A.   Ketahui Komponen AC 

Be smart buyer ya genks, aku memang cerewet kalo membeli sesuatu, aku akan tanya detail, ya seperti cara membersihkannya, kalau sales nya malas jelasin kita bisa kok telpon call center brand tersebut dan tanyalah apapun yang ingin anda ketahui. So AC itu unitnya terdiri dari Indoor, Outdoor dan Remote. Lalu di dalam unit indoor itu kalau kap depan kita buka maka bisa kita lihat filter (saringan udara) dan lepas kan filter dengan benar maka kalian akan bisa lihat  evaporatornya. 

·        Bersihkan Filter, urusan bersihkan filter aku bisa lakukan sendiri, dan filter ini bila bersih maka AC akan mengeluarkan udara yang dingin sedangkan kalau kotor maka debu akan menghalangi kerja AC sehingga ruangan akan menjadi lebih lama dinginnya. Caranya gampang kok, buka kap dan keluarkan filternya lalu cucilah dengan perlahan, kalau aku membersihkannya setiap 2 minggu (khusus filter) aku cukup semprot saja dibawah kran air, lalu aku jemur sebentar sampai kering dan dipasang kembali.
·        Bersihkan Evaporator
Urusan yang lebih dalam ini aku gak punya alatnya, yah minimal sedot debu lah tapi memang aku gak punya hehe jadilah urusan evaporator ini aku serahkan ke jasa bersih AC sebulan sekali, ini bisa kalian perhatikan saat kalian membuka filter kalau memang belum debuan mungkin bisa 2 bulan sekali, kondisi perumahan kami banyak debu jadi aku maksimal sebulan sekali menggunakan jasa service AC.

B. Gunakan AC dengan Benar.

Kebanyakan kerusakan AC itu karena ketidakpahaman, yah misal dalam menentukan PK saja, kalau salah ya sudahlah AC akan kita paksa bekerja dengan berat dan ini akan mempercepat rusaknya AC. 

·        Jangan Paksa AC dengan suhu terendah
Banyak orang yang memasang suhu AC itu mentok di 16, dengan anggapan kalau begitu dinyalakan di suhu 16 maka akan cepat dingin, ini adalah salah, dingin tidaknya ruangan dengan cepat tentu tergantung pada luas ruangan dan pilihan PK, so bukan pada rendahnya suhu, sebaiknya set suhu 20-22 oc dan saat menyalakan AC pastikan semua jendela dan pintu kamar tertutup dengan baik.

·        Periksa Freon 
Freon juga nyawa dari AC dan selama 5 tahun aku baru 2x isi, ketika si tukang service AC datang biasanya sudah sekalian mengecek kondisi freon, tekanannya harus pas baru AC bekerja dengan benar.

·        Fungsikan Fitur Timer
Umur AC juga dipengaruhui lama pemakaian, dalam sehari menurut panduan AC yang saya beli hanya diperbolehkan 5 jam saja, dan karena saya, suami dan anak-anak menikmati AC di jam tidur saja maka saya mengeset timer dari jam pukul 19.00 wib sampai jam 1 dini hari, biasanya dingin akan bertahan sampai anak-anak bangun (jam 05.00), sementara saya sudah beraktifitas sejak jam 3 pagi, suami jam 4 pagi.

C. Remote AC

Alat kecil sipelengkap AC ini juga harus dirawat genks, jangan biarkan dia tergeletak sembarangan, kalau aku tempat remot aku tempel di dinding jadi remot ga sembarangan dimainin anak yang bisa membuat remot terbentur atau rusak, kalo sudah rusak maka banyak fitur yang tidak bisa kita aktifkan dan itu membuat kerja AC tak sesuai lagi.




  Oh iya aku jadi ingat nih genks setelah menulis tentang AC, saat ini Daikin Indonesia lagi ada kontes lomba poto di Instagram, hadiahnya keren loh! Yuk ikutan dan upload poto nya, informasi nya bisa kalian baca disini.


Dan Hadiah yang kalian dapatkan adalah :
  •     Juara 1 mendapatkan e-voucher senilai Rp4,000,000
  •     Juara 2 mendapatkan e-voucher senilai Rp2,500,000
  •     Juara 3 mendapatkan  e-voucher senilai Rp1,000,000
  •     10 pemenang favorit akan mendapatkan e-voucher senilai Rp250,000

Gimana tertarik ikutan? Kepoin deh akun Instagram daikin @daikinindonesia Cuss ya sesuai cara yang sudah dijabarkan diatas, jangan lupa rajin-rajin menanam pohon supaya lingkungan menjadi asri dan sejuk dan memang tak dipungkiri sebagian kenyamanan dalam hidup ini karena memang suhu yang adem, kalau nyaman maka kita bisa berpikir jernih, bisa tertawa bahagia bersama anak-anak, nah pastikan kamu sudah menggunakan AC dengan benar ya ! Sampai jumpa di rahasia rumahan berikutnya ya

19 Komentar

  1. wuah, makasih infonya mak uli. ngebersihin AC itu juga kudu rutin ya, supaya performa AC nya maksimal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, apalagi klo masih punya baby bisa sering biar ttp sehat

      Hapus
  2. Tipsnya boleh nih aku keep buat beli AC nanti. Sekarang msh pakai kipas angin.

    BalasHapus
  3. Tiap hamil aku set AC mpe pol hihihihi asli gerah kaaak, pdhl ga bagus & bikin AC bekerja keras ya.. abis lahiran deh kembali ke suhu semula #eh 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo hami dingin kurang dingin ya hahah

      Hapus
  4. Praktekin ah, klok mau beli ac dan sdh punya ac,
    Tengkiu sharenya y mbk, kumplit dah, :)

    BalasHapus
  5. Aku pernah beli AC yang PK lebih kecil dari ukuran kamar. Akhirnya malah nggak nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mmg hrs sesua br bs sejuk dan nyaman

      Hapus
  6. tips yang berguna banget buat saya, karena sy suka gak pedulian soal AC

    BalasHapus
  7. The occurrences of air conditioner repair can be dodged. The main required thing is that you should keep up your cooling appliance frequently. air conditioning service pittsboro

    BalasHapus
  8. Set up at least an annual maintenance check with a technician or monthly check by yourself to clean the unit, check on the refrigerant and make sure the system is in safe working order. Air conditioning repair

    BalasHapus
  9. A HVAC contractor from an electric utility ordinarily plays out these support checks for insignificant cost, giving very accurate HVAC framework estimations in light of involvement and archived conventions. Hvac repair south salem

    BalasHapus
  10. When you use a genuine service, you will be able to provide instructions, share materials and choose the formatting style. ac installation east fishkill

    BalasHapus
  11. While using a helpful air cooler in high stickiness zones it will lessen the operational cooling office of the unit, it is basic to guarantee the water level is kept up to enlarge the adequacy of the air cooler. Prijzen Airco

    BalasHapus
  12. hardware life because of all the air conditioning parts depending on one another. One can not work without the other. Airco

    BalasHapus
  13. Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I’ll be subscribing to your feed and I hope you post again soon. Heating and Air

    BalasHapus

Komen ya biar aku tahu kamu mampir