Informasi Lokasi dan Biaya Covid Test Jakarta

Siapa yang menyangka pada awal Maret kemarin akhirnya Indonesia menjadi salah satu Negara yang terpapar pandemi Covid-19. Awalnya aku sempat optimis negara kita akan terhindar dari virus berbahaya ini karena Indonesia negara tropis which is katanya virus ini gak suka di negara yang banyak sinar mataharinya, lalu alasan kedua karena negara kita ini mayoritas muslim so paling gak 5x sehari udah pasti mencuci tangan dan anggota tubuh lainnya untuk berwudhu atau bahkan saya berpikir kita akan kuat karena konsumsi kita jauh lebih bersih dari negara lain yang suka memakan bahan makanan mentah.

lokasi test covid di jakarta
Covid Test Jakarta

Melihat negara-negara lain yang sudah terlebih dulu terkena, maka salah satu cara cepat untuk memutus penularan virus ini adalah dengan melakukan test massal atau yang dikenal dengan Rapid Mass lalu menghentikan kegiatan-kegiatan berkumpul. 

Pemerintah Indonesia menurutku sudah cukup sigap mengatasi pandemi ini, hanya saja keterbatasan alat uji test membuat kita terlambat mendeteksi orang-orang yang positif, bahkan akses informasi saat itu masih sangat sedikit sehingga kesadaran penderitalah yang membuat kita mengetahui sudah ada orang Indonesia yang terinfeksi positif Covid-19 pada Maret lalu.

Covid Test Jakarta

Saat ini Jakarta adalah Provinsi tertinggi yang memberikan kontribusi untuk kasus positif Covid-19 di Indonesia. Karena itu Pemrov DKI Jakarta juga sudah menyediakan beberapa lokasi yang bisa didatangi warga untuk melakukan Rapid Test. Namun sebelum memutuskan untuk cek maka ada baiknya kalian memastikan terlebih dahulu apakah kalian memang sangat memerlukan rapid test atau tidak?

  • Apakah kalian pernah melakukan kontak dengan pasien dalam pengawasan? Bila iya maka kalian bisa mengajukan rapid test dengan kriteria resiko rendah
  • Apakah kalian pernah melakukan kontak dengan seseorang yang sudah dinyatakan positif? Bila iya maka kalian masuk dalam kategori orang dalam pantauan dan bisa mengajukan rapid test dengan pengecekan informasi detail lainnya
  • Lalu apakah kalian mengalami demam panas dan sesak nafas? Kondisi ini termasuk gejala orang menderita Covid-19 dan sangat berisiko sehingga dianjurkan untuk melakukan rapid test.
Sempat ada kepanikan karena terbatasnya informasi lokasi covid test Jakarta, namun kini kalian gak usah panik. Kalian bisa download Aplikasi Halodoc, dengan aplikasi Halodoc maka kalian akan mudah menemukan lokasi Covid Test Jakarta beserta biaya yang kalian perlukan. Bahkan dengan aplikasi ini kalian juga bisa sekalian membuat janji atau membeli paket covid test baik di rumah sakit ataupun secara drive thru dan memilih dokter yang kalian inginkan.

Halodoc adalah aplikasi pelayanan kesehatan yang bisa diandalkan, di aplikasi ini kalian bisa chatting dengan dokter terbaik, bisa mencari berbagai informasi tentang rumah sakit terbaik, dokter terbaik bahkan sampai membeli obat juga bisa dilakukan dengan aplikasi Halodoc. Apalagi buat bumil, busui dan yang punya balita aku sangat merekomendasikan aplikasi ini, dengan Halodoc menjalani kehamilan jadi lebih tenang karena bisa berkonsultasi kapan saja.

Temanku Bingung Mau Test Covid Kemana?

Malam itu aku dihubungi seorang teman, kalau secara riwayat dia gak melakukan perjalanan ke luar negeri, gak juga melakukan kontak dengan orang-orang yang berstatus ODP maupun PDP namun malam itu dia gelisah dan menduga dirinya sudah positif covid-19. Sebagai teman yang sudah lama gak berjumpa, alasan dia menghubungi karena dia tahu aku seorang blogger yang kemungkinan besar mempunyai banyak informasi terkait covid-19.

Selama berbicara aku gak merasakan dia seperti orang sakit, gak batuk, gak sesak dan dia juga gak demam. Lalu dia merasa ketakutan kalau dia harus mendatangi rumah sakit, atau melapor ke RT. Pasalnya awal kejadian di Indonesia orang-orang mengucilkan mereka yang terinfeksi virus, apalagi temanku ini minoritas di negara sendiri. Kekhawatiran yang sangat wajar sebenarnya, nah satu hal yang membuat temanku gelisah adalah dia merasakan indera penciumannya berkurang dan hanya berfungsi sekitar 70% saja.

Lalu aku teringat Halodoc, aku minta dia mendownload dan segera melakukan konsultasi. Setelah berkonsultasi temanku disarankan segera melakukan swab karena ternyata dari hasil konsultasi kemungkinan temanku termasuk Orang Tanpa Gejala yang yang sebenarnya bergejala juga sih, kan dia tahu ada yang aneh dalam tubuhnya.

Temanku menghubungi aku setelah dia menjalani isolasi nyaris 2 bulan dan setelah dinyatakan negatif, so berkat halodoc dia jadi bisa dengan mudah menentukan mau swab dimana dan langsung bisa memilih biaya yang sesuai budget dia. Kemudahan lain bisa bikin janji terlebih dahulu so temanku jadi santuy ke Rumah Sakitnya. Asyiknya lagi data dia sangat terjaga karena sejak dinyatakan positif, diisolasi sampai negatif gak ad kejadian seperti yang dia khawatirkan.

Test swab di jakarta
Temanku sedang menjalani swab test


So buat kalian yang ingin tahu lokasi covid test di Jakarta atau kota lainnya bisa langsung cek di Halodoc ya!



When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

16 comments:

unggul said...

tes

Dian Restu Agustina said...

Makin lengkap layanan Halodoc ya, termasuk tes Covid-19 juga ada. Praktis pula bisa sesuaikan bujet dan tentukan lokasi terdekat dimana. Pasti membantu buat semua ini...

Lucky Caesar said...

Sayaa juga rapid test lewat halodoc mbaak uli waktu ngurus keperluan SIKM jakarta. Proses daftarnya mudah dan cepet, waktu itu hasilnya keluar kurang dari 24 jam. Banyak juga pilihannya tinggal sesuaikan sama lokasi terdekat, kalau waktu itu saya pilih yg drivethru 😁

Okti Li said...

Yang di kota besar terbilang mudah, sudah banyak rumah sakit dan instansi yg mengadakan tes serentak. Buat kami di pelosok ini, mana ada?
Padahal jika ada penularan, gak pandang bulu yg di kota maupun di desa ya...

Susi Susindra said...

ENak kalau lewat aplikasi kayak gini. Transparan. Dan bisa dipilih kapan saja dengan mudah. Tinggal pesan saja.
Kalau langsung ke tempat tes kan lebih mahal dan tetap saja harus pakai antrian.

Sumiyati Sapriasih said...

Aplikasi halodoc sangat membantu dalam hal kesehatan, apalagi saat ini sedang ada virus corona, jadi bisa mengecek rapid test tinggal buka aplikasi halidoc

Indah Julianti br Sibarani said...

Semoga untuk test covidnya Halodoc ini segera menjangkau daerah lainnya ya, enggak hanya di Jabodetabek saja.
Ku sudah download aplikasinya, dan terbantu banget dengan info-info kesehatannya.

gemaulani said...

Wah keren nih halodoc ada fitur untuk cek tempat covid test di Jakarta ya mba. Jadi memudahkan untuk yang mau rapid atau swab test.

ginanelwan said...

syukurnya aku ud rapid test yang difasilitasi oleh rt/rw kompleks aku....semoga makin byk rapid test...dan bisa mendeteteksi dini gejala covid19

Nurhilmiyah said...

Yeayy saya udah pernah dong nyoba tes Covid-19 di Halodoc. Waktu itu saya br abis menjenguk kakak yg DBD, opname di RS. Gk taunya beberapa hr sesudah kami jenguk beliau dipindah ke RS khusus yg menangani pasien Covid. Lgsg parno dong saya, soalnya kan ngerasa aman krn kk saya dokter. Akhirnya kami isolasi mandiri 14 hr Alhamdulillah sampai saat ini insyaallah sehat.

Meilia Wuryantati said...

Wah bisa covid test di Halodoc yah mudah, praktis bisa memilih RS nya, jadwal dokter dan janji dengan Dokter nya. Kesehatan harus dan wajib. Semoga Kita semua diberikan kesehatan selalu yah mba aamiin :)

Fida said...

Halodoc solusi di tengah pandemi ya Mbak>

Semoga kita semua selalu sehat-sehat.

Ida Raihan said...

Dengan adanya pelayanan cofid test di halodoc, jadi memudahkan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan krsehatan terkait covid ya Mbak. Makasih infonya Mbak Say.

Tanti Amelia said...

Untungnya ada aplikasi kesehatan kedokteran resmi seperti halodoc.

Baru tahu kalau dengan halodoc jadi bisa dengan mudah menentukan mau swab dimana dan langsung bisa memilih biaya yang sesuai budget!

Aku ngalamin anter anak anak ke dokter gigi aja kudu bikin janji terlebih dahulu, dengan halodoc. Jadi aman dan santuy


Sugi Siswiyanti said...

Halodoc makin canggih pelayanannya ya,Mbak. Semoga makin banyak orang yang menggunakan fasilitas ini untuk mengetahui kondisi dirinya demi penyebaran covid yang makin masif.

Naqiyyah Syam said...

syukurlah terbantu banget dengan adanya Aplikasi halodoc ini ya biar kita bisa terus memantau kesehatan kita