-->

Jalani Hidup Lebih Santai Berkat Mengenal Diri Sendiri

Keuntungan Mengenal Diri Sendiri

Ada banyak keuntungan bila kita mengenal diri sendiri, banyak manusia yang berbuat hanya karena mengikuti cara orang lain. Keberadaan motivator kadang justru bak boomerang bila kita tak mengenali diri sendiri, tak selamanya tips sukses orang lain bisa berhasil pada diri kita dan salah satu penyebabnya adalah karena kurang mengenal diri sendiri.

Kenali diri sendiri
Hidup Lebih Mudah Bila Kenal Diri Sendiri - ulihape.com

Salah satu keuntungan mengenal diri sendiri adalah mudah menjalani hidup, kalian bisa lihat kok ada sih orang yang hidupnya ribet? Galau berkepanjangan? Itu adalah pertanda tak mengenal diri sendiri. Bila kita mengenal diri sendiri maka rasa kecewa akan sangat minim, oh iya aku nggak akan bisa punya sepeda brompton karena aku memang tak mampu dan lagian akupun nggak suka naik sepeda. Ini adalah contoh mengenal diri sendiri, karena ada loh yang sampai dikejar hutang sama teman karena mampu beli brompton hehe ini termasuk contoh orang yang tak mau mengenal diri sendiri.

Butuh Waktu Untuk Mengenal Diri Sendiri

Mengenal diri sendiri butuh waktu, denial yang ada dalam diri kita kadang muncul karena obsesi yang kita miliki dan menurutku itu wajar saja. Namun bila kita mengenal diri kita sendiri maka membuat kita lebih mudah menjalani hidup. 

Tak mudah memang, bahkan butuh waktu walau hanya untuk mengenal diri sendiri. Dari berbagai kegagalan biasanya lebih mudah mengenal diri sendiri. Justru kadang kita lebih mudah memberikan penilaian terhadap orang lain daripada diri sendiri. 

Aku pernah menuliskan bagaimana cara untuk mengenali diri sendiri dan kalian bisa baca di sini dan bila sudah bisa mengenali diri sendiri kalian pasti akan lebih bisa menjalani hidup ini dengan santai, ini sama dengan halnya ketika kita diberi soal ujian dan karena sudah belajar maka kita bisa dengan mudah melaluinya.

Membuat cita-cita terbaik itu dianjurkan namun bila cita-cita itu tak bisa diraih akan membawa kecewa. Kekecewaan ini hadir sebagian besar karena ketakmampuan mengenal diri sendiri, menantang diri sendiri itu baik tapi kalau tak sesuai kemampuan maka berujung kegagalan.

Hidupku Santai Karena Aku Kenal Diriku

Aku pribadi menjalani hidup dengan santai karena mengenal diriku, bahkan bukan hanya diriku namun mengenal diri pasanganku juga membuat aku semakin santai. Aku tak pernah bermimpi memiliki rumah besar karena aku tahu kemampuan kami belum sampai kesana, karenanya ketika menikah impianku hanya memiliki rumah dengan luas 80m2 and its work saat ini kami menempati rumah seluas 84m2. Sama halnya dengan saat aku memutuskan naik motor ke tempat kerja, mungkin banyak yang memandang iba namun sekali lagi aku kenal diriku. Aku mampu menempuh 90 KM perjalanan pulang pergi, karena akupun meyakinkan diriku bila tak sanggup pasti aku akan berhenti. Aku mau bangun pagi sekali hanya untuk memasak karena aku tahu ini adalah kebiasaan sejak dulu bukan karena pernikahan penyebab aku bangun pagi. Sejak dulu jam bangunku memang pukul tiga dini hari, jadi itu memang masih menjadi kekuatanku. Ketika aku memutuskan menikah dengan suamiku itu karena aku tahu diriku mampu menerimanya bukan karena putus asa mepet menikah haha, ketika aku dikaruniakan hanya dengan dua anak laki-laki itu karena Allah tahu keinginanku memang demikian, jadi omongan orang lain nggak akan pernah mempengaruhi tindakanku.

Bila kita mengenal diri sendiri percayalah semuanya akan mudah, nggak akan kecewa bila kita tak sama dengan yang lain, nggak akan iri dengan keberhasilan orang lain. Dengan mengenal diri sendiri biasanya kita juga akan bersikap lebih adil kepada orang lain. Kita nggak akan sebal ketika teman kita melulu yang dapat job, wajar toh effortnya dia beda dengan aku. Itu yang selalu aku lakukan sehingga aku woles aja ketika melihat teman sukses.

So apakah kamu sudah mengenal dirimu? Kenalan dulu biar santuy jalani hidup yang makin berat ini hehe.

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: