20160202

Liburan Anak Murah Meriah (Emak Hepi, Anak Bahagia)

Kalau sesama teman, pasti lah sedikit banyak kita bisa saling mengukur kemampuan finasial kita. Aku pribadi memang secara keuangan pas-pasan lah. "Pas mau holiday pas ada" hehehhe. Dan aku kebetulan suka mengabadikan momen hidupku di Facebook. Buat sebagian orang mungkin menjenuhkan, tetapi tak selamanya kita memikirkan manfaat untuk orang lain. Toh mereka tak pernah tahu manfaat setiap update-ku di media sosial. Update di media sosial terkadang merupakan short cut "jalan pintas" untuk menginformasikan keadaanku dan anak-anak ke mamak, papa, adik-adik, bahkan saudara-saudara di luar kota, sekali published maka semuanya bisa saling komen, daripada harus di-SMS satu per satu, ribet!  


Ketemu Sabtu dan Minggu pasti bawaannya pengen liburan, pengen jalan-jalan. Buat aku lebih lagi, selain sudah capek Senin ke Jumat, bangun pagi pulang malam, ada dilema lain di mana anak-anak pada weekday stay di daycare. Karenanya kalo ketemu weekend otimatis bawaannya pengen bawa anak-anak jalan-jalan, paling tidak bermain. Hal ini supaya aku dan anak-anak tetap bisa akrab. Kebahagiaan anak ketika bermain bersama orang tuanya merupakan salah satu kunci sukses mendekatkan emosi. Nah, permasalahan muncul ketika kantong bokek tapi raga pengen menikmati weekend dengan sebuah liburan. 


Pernah ada yang nanya ke aku, "Duh Kakak enak betul, jalan-jalan terus." Ada lagi yang komen, "Katanya gak ada uang, tapi kok ya jalan-jalan aja." Nah, nah keknya memang harus sering piknik heheheh... Banyak tau tempat bermain yang gak pakai tiket, atau cukup modal parkir maka kita sudah bisa bersenang-senang dengan anak-anak. Atau kita harus cari tahu tempat bermain yang pas dengan isi dompet kita. 


Nah, aku termasuk beruntung, daerah tinggalku dikelilingi mall dengan konsep keluarga sehingga menikmati hari dengan bersantai tanpa uang banyak adalah hal yang memungkinkan bagiku. Yuk moms cari tahu lokasi bermain yang murah meriah di sekitar rumah. Aku yakin pasti ada. Terkadang kita terlalu mematokkan diri bahwa berlibur itu harus keluar kota, berlibur itu harus stay di hotel. Hal terpenting dari liburan adalah anak-anak bahagia, anak-anak senang. Cukup konsen di hal itu aja, maka gak perlu budget untuk menikmati holiday. Caraku menikmati weekend di kala bokek adalah: 


  1. Cari lokasi bermain gratis di sekitar rumah. Biasanya ada aja, entah itu hanya taman di dalam kompleks atau mall dekat rumah
  2. Siapkan makanan dan minuman dari rumah, jadi no jajan-jajan karena ceritanya lagi bokek
  3. Ciptakan cara bermain asik dengan anak, entah itu mandi bersama atau sekedar membuat kan puzzle dari kertas bekas 
  4. Ajak anak terlibat dalam kegiatan bersih-bersih, dijamin anak bakalan senang, emaknya yang repot heheeh 


Nah, di sini aku mau berbagi beberapa tempat yang suka aku datangi tanpa harus mengeluarkan uang banyak, cekidot moms.



Bermain di Playground Mall 

Salah satu mall yang keren adalah Sumarecon Mall Serpong. Benar-benar mall dengan konsep keluarga. Di setiap lantainya ada area playground, nursery room. Dari rumahku ditempuh tidak lebih dari 15 menit. Aku lebih senang bermain ke playground di luar mall karena lebih luas dan tidak harus menunggu mall buka untuk bisa bermain. Karenanya, aku kerap membawa anak-anak pada jam 7 pagi, sembari kita orang tua sambil olahraga, anak-anak bisa bermain dan menikmati sarapan di alam. Modal kemari hanya uang parkir, ya gak akan lebih dari 3 jam lah rasanya sudah puas.

Mall ini memberikan kesenangan tersendiri bagi keluarga kami. Ada kolam ikan yang bagus, di mana kita bisa duduk di pinggir kolam mengajak ikan bermain, lalu area playground yang besar dan lengkap, ada perosotan, climbing, ayunan dan istana pasir. Nah, kanda anakku paling suka bermain pasir. jJangan khawatir bila anak kotor karena ada tempat untuk kita memandikan anak, yang penting bawa sabun, handuk, dan baju gantinya.   


Bermain di Scientia Park Sumarecon Digital Centre, Nah, ini tempat bermain yang menggunakan tiket. Lagi aku termasuk beruntung, tiketnya sangat murah. Untuk menikmati lahan seluas 4 ha, kita hanya membayar 25 ribu di weekend. Setelah masuk, maka akan bisa bilang, "Wow, murah banget." Di kawasan ini ada area bermain anak yang lengkap, ada ayunan, perosotan, area bermain sepatu roda, panjat tebing, saung-saung, sawah, kerbau, kolam ikan, taman kupu-kupu, lapangan rumput, pokoknya seru, anak bisa bermain dengan alam, dan kita orang tua juga bisa menikmati hijaunya rumput di antara gedung tinggi.  



Berenang Tak harus di kolam renang mahal, manfaatkan bak mandi rumah untuk membuat anak senang bermain air. Atau cek komplek perumahan terdekat yang mempunyai fasilitas kolam renang umum, dipastikan biayanya jauh lebih murah dibanding wahana air lainnya. Ingat, tujuannya anak hepi.   



Membersihkan Halaman Rumah Salah satu cara membuat anak hepi itu dengan membiarkannya bermain kotor. Nah, biasanya kami akan membersihkan halaman rumah. Suami memotong rumput, aku merapikan rumah, dan anak-anak biarkan berkeliaran di sekitar kita. Meski pekerjaan jadi ribet tapi melihat anak-anak bahagia pasti rela deh.... 



Buatkan Anak Mainan Banyak website yang memberikan ide untuk kita. Karena anakku balita, maka aku suka download game puzzle online. Print di kertas, lalu tempel di karton bekas, gunting dan biarkan anak menyusunnya. Sederhana namun bisa menambah akrab dengan anak. 




So? Percaya kan meski bokek bisa tetap holiday? Hari ini hujan, jadi cuacanya pas buat tidur bareng hehhee, maminya malah ngompasiana heheeh...

4 comments:

  1. sejak sumarecon mall bekasi muncul,jadi penasaran banget..bagus katanya^^
    itu yang rennag di bak mandi kayak ponakanku hehe,murah meriah..dirumah pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti sama konsepnya tuh nte..aku suka karena mmg ramah keluarga, gak repot beli stroller soalnya banyak di mall bagus2 pulak hhehe

      Delete
  2. wah cara kreatif berlibur ya

    ReplyDelete

Komentar mu Informasi untuk Kita