Dampingi Anak di Hari Pertama Sekolah ! - Ulihape.com

Dampingi Anak di Hari Pertama Sekolah !

Sebentar lagi liburan anak sekolah usai, saatnya memasuki kelas baru, suasana baru dan tentunya moms and paps siapin juga segala kebutuhan anak-anak ya..


Dulu pas masa-masa sekolah, Papa sering banget pindah tugas, maksimal hanya 2 tahun berada disebuah kota/kabupaten, jadi bisa dibayangkan aku sekolahnya pindah-pindah terus dan biasanya memang mengambil momen kenaikan kelas untuk pindahan. Dan hal yang aku benci adalah suasana hari pertama ke sekolah baru. Bete banget berangkat sudah pakai rengekan..nanti aku malu..aku malas harus kenalan lagi, pokoknya selalu itu yang jadi maslaah disetiap aku pindah sekolah. Alhamdulillahnya mamak dan papa selalu ada mendampingi kami, mereka berdua mengantar adik-adiku dulu baru kemudian aku, bahkan sampai aku SMA tetap mereka dampingi ( eh sampai kuliah ding hehehe). Kehadiran mamak papa mengantar ke sekolah itu membuat tenang, memberikan rasa PeDe yang luar biasa. Guru akan membawa aku masuk ke kelas dan mataku pasti akan melirik ke arah pintu kelas dimana papa dan mamak memberikan keberanian melalui semangat mata mereka.






So..sekarang pemerintah pun ikutan perhatian loh moms, sudah taukan adanya anjuran untuk mendampingi anak-anak kita di hari pertama mereka bersekolah ? Yap, aku mendapat informasi ini di sebuah grup WA, ahh rasanya bangga deh kalau pemerintah ikutan support. Beneran deh moms keberadaan orang tua itu sesuatu banget buat anak-anak, bisa jadi dia memang mandiri tapi jangan salah..selalu ada rasa damai kalau moms and paps bisa disamping mereka.

Meneteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Surat Edaran No 4 Tahun 2016 tentang HARI PERTAMA SEKOLAH meminta agar para gubernur dan Walikota memberikan dispensasi sebentar bagi para PNS yang memiliki anak-anak bersekolah,para PNS pada tanggal 18 Juli diperbolehkan mendampingi anak-anak mereka ke sekolah dan setelahnya melanjutkan bekerja seperti biasa.


KENAPA PENTING ?


  • Mengantar anak ke sekolah adalah kesempatan membangun hubungan positif antara lingkungan pendidikan di rumah dan sekolah
  • Mengantar bukan hanya sebatas pintu gerbang sekolah, mengantar itu adalah ikut mendampingi sebentar untuk bisa berinteraksi dengan guru dan orang tua murid lainnya
  • Hari pertama sekolah adalah awal perjalanan panjang anak-anak di rumah keduanya bernama pendidikan.
Moms and Dads bisa lakukan hal-hal ini ketika mengantar anak ke sekolah :



  1. Mengenal lebih detail lingkungan sekitar sekolah
  2. Berkenalan dengan guru kelas anak
  3. Mintalah nomor handphone pengajar anak anda
  4. Ceritakan tentang anak anda kepada gurunya, agar guru bisa memahami karakter anak
  5. Selalu tunjukkan diri bahwa siap untuk dilibatkan didalam persoalan pendidikan anak
  6. Berkenalanlah dengan orang tua murid lainnya

Well ! Selamat mendampingi anak-anak di hari pertama sekolahnya ya moms.. 18 Juli back to school.. 

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.